Petani Pisang Cavendish Dukung Indah-Yudha, Sohibul Rizal: Programnya Pro-Rakyat

Petani Pisang Cavendish Dukung Indah-Yudha, Sohibul Rizal: Programnya Pro-Rakyat Bunda Indah saat menerima hasil panen pisang cavendish dari para petani. Foto: IMRON GHOZALI/ BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Dukungan dari masyarakat kepada nomor urut 2, , terus mengalir. Kali ini datang dari puluhan petani milenial se-Kabupaten Lumajang.

Mereka mendeklarasikan diri mendukung dan siap memenangkan dan Yudha Adji Kusuma dalam Pilkada serentak 27 November mendatang. Deklarasi dilakukan di Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Sabtu (26/10/2024).

Baca Juga: Ngopi Bareng Warga, Bunda Indah Komitmen Perhatikan Pedagang Kecil

Puluhan petani milenial ini perwakilan dari sejumlah petani pisang cavendish yang tersebar di Kecamatan Ranuyoso, Randuagung, Jatiroto, Sukodono, Kunir, dan Kecamatan Tempeh.

Usai melakukan deklarasi, puluhan petani ini melakukan dialog bersama dengan Bunda Indah. Para petani menginginkan adanya pembinaan dan solusi jangka panjang jika Bunda Indah terpilih menjadi Bupati Lumajang.

"Kami mendukung Bunda Indah dan Mas Yudha dalam Pilkada ini, apakah petani siap memenangkan Bunda Indah?" seru Shohibul Rizal, Ketua Paguyuban Petani Milenial Kabupaten Lumajang, yang langsung ditimpali para petani lainnya, "Siap menangkankan kerudung merah".

Baca Juga: Debat Publik Pilkada Lumajang, Indah-Yudha Janjikan Pelayanan Publik Lebih Baik dan Peningkatan SDM

Shohib bercerita, petani pisang cavendish sudah tersebar di Kabupaten Lumajang dengan luas lahan yang digarap sekitar 30 hektare. Selain itu, ada sekitar 30 mitra binaan.

Shohib berharap, Bunda Indah dan Mas Yudha menang sehingga bisa mensejahterakan nasib para petani. Khususnya yang bergerak di bidang pertanian pisang cavendish.

"Kami berharap itu, karena selama ini cavendish hanya dijual mentah. Kalau bisa di sini ada produk turunannya, seperti tepung pisang dan lainnya," ujaranya.

Baca Juga: Ucapkan Hari Santri di Debat Perdana, Bunda Indah: Santri Adalah Harapan Bangsa

Sementara itu, menyebut ada sekitar 30 hektare lahan milik pemerintah yang sekarang dikelola oleh Perhutani.

"Nanti bisa dimanfaatkan kemitraan kehutanan sosial, jadi gak usah beli tanah, mari dimanfaatkan," janjinya.

Bunda Indah berharap petani milenial pisang cavendish bisa membawa kejayaan Lumajang sebagai kota pisang seperti dahulu kala.

Baca Juga: Relawan Bolone Bunda Gaspol Sosialisasikan Program Indah-Yudha ke Pemilih Mengambang

"Kita pernah berjaya di pisang kirana. Namun, sekarang sudah tidak sebanyak dulu. Mudah-mudahan apa yang digagas petani milenial pisang cavendish bisa menjadi penyemangat," pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO