PAN Realistis, hanya Targetkan Bisa Usung Cawagub di Pilkada Jatim

PAN Realistis, hanya Targetkan Bisa Usung Cawagub di Pilkada Jatim Ketua Bappilu DPW PAN Jatim, Malik Effendi. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – DPW PAN Jawa Timur cukup realistis menghadapi pilkada Jatim. Dengan perolehan 7 kursi di gedung parlemen Jawa Timur, tentu saja PAN tidak bisa mengusung sendiri calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub).

PAN memilih menargetkan akan memunculkan kader sendiri sebagai cawagub, jelas dengan menggandeng partai lain.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Jatim, Malik Effendi, memaparkan bahwa saat ini partai berlambang matahari itu sedang melirik partai lain yang sekiranya bisa digandeng dalam pilgub nanti. Hal itu guna memastikan tidak salah saat menetapkan pilihan.

“Kita saling lirik. Dan paling tidak, kita akan mengusung kader sendiri sebagai cawagub,” paparnya, Selasa (5/4).

Namun Malik mengungkapkan partainya tidak menutup kemungkinan akan mengusung cagub. Menurut pria asal Kabupaten Sumenep yang kini menjadi anggota DPRD Jawa Timur itu, jika dalam survei internal ada kader partai yang cukup kuat, maka PAN akan memunculkan kader tersebut sebagai kandidat orang nomor satu di Jawa Timur.

Lebih dari itu, mantan anggota DPRD Sumenep tersebut memaparkan, sesuai mekanisme yang dianut partai, calon yang akan diusung nanti dipastikan berdasarkan usulan dari DPD di masing-masing kabupaten/kota yang ada.

Usulan calon itu nanti akan disurvei oleh DPW, dan hasil survei itu dikirim ke DPP. Melalui berbagai pertimbangan, DPP-lah yang akan menentukan siapa yang akan dimunculkan sebagai cagub maupun cawagub nanti.

“Tapi hingga saat ini, kita belum bergerak sama sekali, artinya DPD belum mengusulkan calon. Seperti kata saya di awal, saat ini hanya saling lirik saja,” tandas Malik. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO