​Bupati dan BPN Kembali Didemo Soal Kasus Redistribusi Tanah

​Bupati dan BPN Kembali Didemo Soal Kasus Redistribusi Tanah ?Massa saat menggelar aksi di depan kantor BPN Kabupaten Kediri, Senin (16/6). foto:arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI (bangsaonline) – Sekitar 120 petani dari lereng Gunung Kelud, Kabupaten , kembali berbondong bondong ke Kantor Badan Pertanahan Nasional () setempat. Mereka protes terhadap yang tidak merespon tuntutan pembebasan ratusan hektar lahan bekas PT. Sumber Sari Petung (SSP).

Selain itu warga juga sudah memprotes Bupati Haryanti Sutrisno, namun sama sekali tak ada tanggapan. Bahkan warga rela mendirikan tenda dan menginap didepan kantor Pemerintah kabupaten kediri berhari - hari. Bahkan, pendirian tenda untuk penginapan juga dilakukan pihak warga saat melakukan aksi demo dikantor kabupaten kediri. Senin (16/06).

Petani yang berasal dari tiga desa, Sempu, Babadan dan Sugihwaras mendirikan tenda didepan Kantor . Mereka melakukan aksi pendudukan hingga tuntutannya dipenuhi oleh pemerintah.

Trianto, selaku koordinator lapangan mengatakan, 59 bidang lahan seharusnya sudah diserahkan kepada para petani, tetapi hingga kini belum juga diserahkan. “Kami akan mengawal revisi Surat Keputusan Bupati tentang redistribusi lahan. Data penerima lahan itu banyak nama-nama fiktif, dan kebanyakan mereka bukan warga Ngancar. Data tersebut merupakan titipan dari pihak pihak tertentu,” tegas Trianto,Senin (16/6).

Lahan sengketa 59 bidang di wilayah Ngancar tersebut sampai kini masih digarap orang-orang yang merupakan karyawan PT. SSP, yang notabene rekanan pemerintah. “Kami juga minta supaya dua oknum pegawai yang terlibat tindak pidana, dan sudah ditetapkan sebagai tersangka ditahan dan diproses sesuai hukum berlaku,” imbuh Trianto.

Para petani mengancam akan terus melakukan aksi pendudukan hingga tuntutan mereka dipenuhi. Mereka juga mengancam akan mendatangkan masa petani yang jumlahnya jauh lebih banyak dari sekarang.

Dari pantauan, warga selama melakukan aksinya dan menginap di kantor pemerintah tersebut, sama sekali pejabat pemerintah kabupaten kediri maupun untuk menemui dan mengajak mediasi terkait dengan gugatan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO