​Tahun Ini, Jatim Dicanangkan Bebas Pasung

​Tahun Ini, Jatim Dicanangkan Bebas Pasung Gubernur Soekarwo didampingi Bupati Ponorogo H Amin melepas Soiman, penderita gangguan jiwa yang akan dikirim ke RSJ Menur Surabaya. Foto:humasprov

PONOROGO (bangsaonline) - Gubernur Jatim Dr H Soekarwo (Pakde Karwo) melakukan pencanangan Provinsi Jatim bebas pasung di , kemarin (20/6). dipilih karena jumlah penderita gangguan jiwa yang dipasung tertinggi di Jatim.

Pakde Karwo menjelaskan, jumlah total penderita gangguan jiwa/szikofrenia di Jatim sebanyak 764 orang. Sedangkan jumlah penderita di berjumlah 109 penderita, yang sudah tertangani sebanyak 54 orang.

"Pada pencananangan hari ini Pemprov Jatim telah menangani 30 orang untuk melakukan perawatan intensif di RSJ Menur Surabaya, sehingga total yang sudah kami tangani 84 orang. Untuk penderita gangguan jiwa sisanya, akan kami tuntaskan sampai akhir tahun ini," tegasnya.

Untuk mengoptimalkan, peran Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) provinsi dan Kabupaten/Kota harus ditingkatkan. "Permasalahan pasung sangat kompleks dan membutuhkan penanganan dan observasi bagi tiap pemasungan yang ada. Karenanya penanganan lintas sektor mulai proses penyembuhan penyakit sampai tahap rehabilitasi sangat dibutuhkan," ujar dia.

Selain itu, memberikan pelatihan dan peningkatan kemandirian bagi penderita yang sudah dinyatakan sembuh."Pemerintah akan memberikan bantuan modal usaha, dan pemberdayaan keluarga agar tidak terjadi pemasungan kembali," jelas Pakde Karwo.

Pemerintah juga akan memfasilitasi terbentuknya Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau panti-panti sosial sebagai wadah rehabilitasi sosial mantan penderita gangguan jiwa. UPT tersebut harus memiliki dukungan SDM yang handal, pembiayaan makanan,pengobatan serta mengembalikan penderita gangguan jiwa ketengah keluarga.

Sumber: humas provinsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO