Tanpa Mahar, NasDem Jatim Gratiskan Pendaftaran Bakal Caleg

Tanpa Mahar, NasDem Jatim Gratiskan Pendaftaran Bakal Caleg Ketua DPW Partai NasDem Jatim, Rendra Kresna memberikan formulir kepada masyarakat yang mendaftar sebagai bakal caleg dalam program Partai NasDem Memanggil. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin menjadi anggota dewan atau wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Timur untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Program yang diberi nama NasDem Memanggil itu tanpa mahar alias gratis.

Ketua DPW Partai Jawa Timur, Rendra Kresna mengatakan, pada Pemilu 2019 pihaknya membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat Jatim yang ingin maju menjadi anggota dewan dari . Karena itu, kami tidak membebankan biaya sama sekali kepada bakal caleg

"Lewat NasDem Memangil ini kita membuka luas untuk masyarakat yang ingin maju dari . Dan proses pencalegkan ini tanpa mahar atau 100% gratis. Karena gratis, kami melarang mereka yang terpilih menjadi anggota Dewan menerima sesuatu yang di luar haknya atau pemberian haram," terang Rendra, usai launching NasDem Memanggil di kantor DPW Partai NasDem Jatim, Kamis (2/3).

Bupati Malang ini menjelaskan, pendaftaran dibuka dari tanggal 1-31 Maret 2017, selanjutnya para pendaftar akan disurvei oleh lembaga survei eksternal di luar NasDem. Hasil yang terbaik akan masuk sebagai caleg .

"Mereka yang tingkat popularitas dan elektabilitas dari hasil surveinya bagus, akan lolos sebagai caleg , begitu juga sebaliknya," tegas Rendra.

Program NasDem Memanggil yang tanpa mahar ini menarik minat masyarakat untuk mendaftar menjadi bakal caleg dari partai yang dibesut oleh Surya Paloh tersebut. Terbukti banyak datang ke kantor DPW Partai NasDem Jatim. Mereka ada yang mencari informasi, tapi ada yang langsung mengambil formulir.

Mochamad Eksan adalah salah satu yang ikut mengambil formulir pendaftaran sebagai caleg dari Partai NasDem untuk Pemilu 2019. Anggota DPRD Jatim dari Komisi E ini mengaku terpanggil untuk melanjutkan pengabdian sebagai wakil rakyat.

“Saya terpanggil untuk melanjutkan pengabdian sebagai wakil rakyat. Semoga saya bisa berbuat lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama konstituen saya di Jember dan Lumajang,” tandas Eksan.

Selain Eksan yang merupakan bacaleg incumbent, banyak juga wajah baru yang masih tergolong muda. Di antaranya Rizki Pancasilawan. Alumni Universitas Airlangga ini mengaku terpanggil untuk mendaftar sebagai caleg di NasDem, karena partai itu memberikan peluang yang sama. Bacaleg yang sudah mapan di parlemen dan yang baru terjun di dunia politik diperlakukan sama.

“Di NasDem ini semua bacaleg diberikan kesempata dan perlakuan yang sama. Itulah yang membuat saya memutuskan mendaftar sebagai bacaleg dari NasDem. Apalagi gratis, tidak ada biaya apapun yang dibebankan partai,” pungkas anak Ketua Kahmi Jatim, Akmal Boedianto ini. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO