Usulan Ketua Bapemperda: Warga Trenggalek yang Hendak Nikah Harus Punya Surat Bebas HIV/AIDS

Usulan Ketua Bapemperda: Warga Trenggalek yang Hendak Nikah Harus Punya Surat Bebas HIV/AIDS Samsuri saat memimpin rapat di ruang aula gedung DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Ketua Bapemperda (badan pembentukan peraturan daerah) DPRD , Samsuri, mengusulkan agar calon mempelai pria maupun wanita yang hendak melangsungkan pernikahan harus memiliki surat keterangan bebas dari penyakit HIV-AIDS. Pernyataan ini diungkapkan Samsuri saat ditemui di ruang Fraksi Partai Golkar gedung DPRD , Kamis (20/4).

"Saya ini mengusulkan pada Dinas Kesehatan dalam rapat kerja kemarin, gimana bila orang yang hendak menikah seyogyanya memiliki surat keterangan bebas dari penyakit HIV-AIDS," ungkap Samsuri anggota DPRD asal Partai Golkar ini.

Menurut Samsuri, alasan ia mengusulkan hal tersebut dalam ranperda tentang dua penyakit menular TBC dan HIV-AIDS, karena selama ini terkesan ada pembiaran terhadap orang yang terjangkit virus HIV-AIDS.

"Mereka berkeliaran bebas di sekitar kita. Selain itu saya tidak menginginkan penyebaran penyakit virus HIV-AIDS semakin merajalela, khususnya di wilayah kabupaten ," ujarnya.

"Orang yang hendak menikah biasanya dipersyaratkan memiliki kartu sehat dari dokter. Nah alangkah baiknya dibarengi juga dengan surat keterangan bebas virus HIV-AIDS bagi kedua calon mempelai," terangnya.

Kendati demikian Samsuri mengakui usulan ini tentu memiliki dampak sosial di masyarakat. Namun ia memastikan usulan ini untuk menuju masyarakat sehat. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO