Wali Kota Blitar dan Megawati Soekarno Putri Resmikan Patung Bung Karno Putra Sang Fajar

Wali Kota Blitar dan Megawati Soekarno Putri Resmikan Patung Bung Karno Putra Sang Fajar Megawati Soekarno Putri didampingi Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar saat meresmikan patung Bung Karno Putra Sang Fajar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bertepatan dengan 6 Juni yang merupakan hari lahir Bung Karno, Pemerintah meresmikan patung Bung Karno Putra Sang Fajar, di jalan Soedanco Soeprijadi atau di pertigaan Herlingga . Peresmian patung yang berada tepat di samping jembatan merah putih tersebut dihadiri langsung Presiden ke-V RI Megawati Soekarno Putri, dan puluhan kepala daerah seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Wali mengatakan, peresmian patung Bung Karno Putra Sang Fajar tersebut merupakan momentum yang sangat istimewa dan berbeda. Karena di bulan Juni yang dikenal dengan bulang Bung Karno tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

"Momentumnya sangat tepat karena bulan Bung Karno tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Istimewanya lagi, peresmian patung Bung Karno Putra Sang Fajar diresmikan langsung oleh presiden ke-V RI ibu Megawati yang juga keturunan dari Bung Karno," tutur Samanhudi, Selasa (06/06).

Kata Samanhudi, pendirian patung Bung Karno tersebut merupakan wujud rasa cinta warga kepada presiden pertama Indonesia itu. Dengan berdirinya patung Bung Karno Putra Sang Fajar tersebut, menurut orang nomer satu di itu, semakin menegaskan jika pantas disebut sebagai Kota Proklamator Bumi Bung Karno.

Patung yang dibangun di pintu masuk sebelah timur tersebut merupakan patung Bung Karno kelima yang ada di . Diberi nama patung Bung Karno Putra Sang Fajar karena berdiri kokoh menghadap timur.

Empat patung lainnya yakni berada di Istana Gebang, di Kantor , di makam Bung Karno, kemudian di perempatan jalan Sumatra .

Pada kesempatan itu Samanhudi juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah yang menetapkan 1 Juni sebagai peringatan hari lahir Pancasila.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO