Sidak Jasa Penukaran Uang Baru, Ini Imbauan Kapolres Ngawi kepada Masyarakat

Sidak Jasa Penukaran Uang Baru, Ini Imbauan Kapolres Ngawi kepada Masyarakat foto: ZAINAL A/ BANGSAONLINE

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mengantisipasi peredaran uang palsu menjelang lebaran 1438 H, Kapolres Ngawi AKBP Nyoman Budiarja melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah jasa penukaran uang di Jalan Jaksa Agung Suprapto Ngawi, Jum’at (09/06).

Dalam sidaknya tersebut, orang nomor satu di ini meminta warga masyarakat lebih waspada dalam melakukan penukaran uang. Sebab dengan tingkat penukaran uang yang tinggi, tak jarang dimanfaatkan oknum atau orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengedarkan uang palsu.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan kepada petugas apabila menemukan adanya aksi curang tersebut.

“Menjelang lebaran seperti ini memang marak jasa penukaran uang. Maka warga masyarakat kami minta untuk ekstra waspada terhadap peredaran uang palsu. Jika hendak menukar uang harap cek terlebih dahulu semua uang yang akan diterima,” terang Kapolres Ngawi AKBP Nyoman Budiarjo yang didampingi Kasatreskrim AKP Andy Purnomo.

Menurutnya, membedakan uang itu asli atau palsu tidaklah terlalu sulit. Uang asli atau tidak bisa dicek langsung dengan cara meraba permukaan kertas uang atau bisa dilihat secara kasat mata. Selain itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang ke lokasi-lokasi yang bisa dipercaya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko mendapatkan uang palsu.

Sementara salah satu pedagang yang disidak Kapolres mengaku siap mematuhi imbauan Kapolres. Ia menjamin bahwa uangnya yang dijajakan asli lantaran ia melakukan penukaran di Bank pemerintah.

“Semua uang pecahan yang saya bawa ini semuanya asli, tidak ada satu pun lembar yang palsu, bisa dicek langsung. Sebab selaku jasa penukaran uang saya menjaga kepercayaan warga masyarakat,” jelas salah satu pedagang saat disidak Polisi. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO