​Diduga Minta Pelicin IMB, Kades Kalisongo Malang Terkena OTT

​Diduga Minta Pelicin IMB, Kades Kalisongo Malang Terkena OTT Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menunjukkan barang bukti OTT kades Kalisongo.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Tim Saber Pungli Polres kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini giliran Kepala Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten , Siswanto, terkena OTT.

Penangkapan ini otomatis menambah panjang daftar aparat desa yang terjaring dugaan kasus korupsi di Kabupaten . OTT sendiri dilakukan di siang bolong saat kades berada di Kantor Desa Kalisongo Rabu (14/2) pukul 14.00 WIB, kemarin.

Siswanto langsung diamankan dengan barang bukti. Hingga larut malam (pukul 23.00 WIB) dilakukan pemeriksaan secara intensif. Akhirnya kades Kalisongo ini resmi ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan.

Kapolres AKBP Yade Setiawan Ujung membenarkan adanya OTT terhadap kades Kalisongo tersebut. “Hingga sampai malam kita lakukan pemeriksaan. Tiga saksi juga sudah kita periksa. Kita masih terus melakukan pengembangan penyidikan,” terangnya dalam rilis, Kamis (15/2) di Mapolres .

Dijelaskan, kronologis OTT berawal dari adanya informasi mengenai permintaan sejumlah uang oleh tersangka kepada korban dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT). Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Tim Saber Pungli Mabes Polri dan Polres .

“Dalam OTT ini kita menangkap pelaku serta barang bukti berupa pembayaran uang sebagai pelicin dalam pengurusan perizinan pembuatan perumahan kepada Kades Kalisongo,” ujar Ujung.

Dari barang bukti OTT diamankan sejumlah uang sebesar Rp 7,5 juta yang merupakan pembayaran tahap ketiga. Sebelumnya, tersangka telah menerima pembayaran dua kali yang pertama dan kedua masing-masing Rp 10 juta sehingga totalnya Rp 27,5 juta.

“Barang bukti lain kita amankan. Ada beberapa dokumen dan ponsel terkait persoalan ini, serta tanda tangan bersangkutan,” ujarnya lagi.

Dalam kasus ini tersangka dilakukan penahanan dan dijerat Pasal 12 E subsider Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi,” pungkas kapolres . (thu/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO