​Kayangan Api, Wisata Mistis untuk Napak Tilas Empu Supo di Bojonegoro

​Kayangan Api, Wisata Mistis untuk Napak Tilas Empu Supo di Bojonegoro Gapura masuk wisata Kayangan Api. foto: Dhian Bintariana/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kayangan api salah satu ikon kota Bojonegoro berupa api yang tak pernah padam. Juli (60) adalah juru kunci Kayangan Api.

Menurut Juli, Kayangan Api merupakan salah satu wisata di kota Bojonegoro dengan keunikan api yang pernah padam terletak di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kab Bojonegoro. Perjalanan yang ditempuh untuk menuju Kayangan Api sekitar 15 km dari pusat kota.

Kawasan wisata ini terletak di hutan lindung. Meskipun tertelatak di hutan, Pemerintah menyediakan akses jalan yang mudah dilalui, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Pada awalnya Kayangan Api bernama Kayangan Geni. Sejarahnya yaitu Empu Kriyo Kusumo pertama kali datang di kampung sebagai pandai besi bernama Kriyo Kusumo. Kriyo Kusumo adalah nama samaran dari Empu Supo yang merupakan Empu dari kerajaan Majapahit.

“Pada saat itu Kerajaan Majapahit mengutus Sunan Ampel untuk mencari Empu Supo. Akhirnya Sunan Ampel mengumpulkan para Pandhe yang ada di desa Butoh Ngasem. Pada saat itu Empu Kriyo Kusumo tidak datang dalam pertemuan. Setelah itu Sunan ampel berkata “Berarti Empu Supo iku ngayang atau selalu sendiri,” tutur Juli (60) selaku juru kunci di Kayangan Api pada Sabtu (17/03).

Setelah itu akhirnya Empu Kriyo Kusumo meninggalkan pesan bahwa tidak akan ada pande atau empu di desa Sendangharjo. Oleh sebab mengapa sampai sekarang di desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem tidak ada penduduknya yang bekerja sebagai Empu atau Pandhe.

Setelah meninggalkan pesan tersebut, Kriyo Kusumo pergi meninggalkan kampung dan pindah ke tengah hutan. Saat pindah tepat pada jam 1 malam pada hari Jumat Pahing. Saat pindah Empu Kriyo Kusumo membawa api yang ia gunakan untuk membawa pusaka untuk ikut bersamanya. Titik api tersebut diletakkan di tengah hutan dan yang sekarang menjadi Kayangan Api.

Sampai sekarang api tersebut tidak pernah padam. Sekarang terdapat batu bata mengelilingi kobaran api untuk melindungi pengunjung agar tidak masuk dalam arena api. Selain itu terdapat tumpukan batu di dalam api seperti pertama kali Kayangan Api ditemukan. Selain itu disamping bara api terdapat 4 candi.

Di sebelah timur api terdapat tempat duduk Empu Kriyo Kusumo yang sampai sekarang masih terjaga keasliannya. Saat pindah dari desa menuju hutan, Empu Kriyo Kusumo memutuskan untuk melanjutkan membuat pusaka. Tempat duduk yang ia gunakan untuk membuat pusakan berada tepat dibawah pohon di samping sumber api, dengan beberapa batu bata.

Sampai saat ini batu bata tempat dimana Empu Kriyo kusumo duduk masih tetap utuh seperti dahulu. Perbedaannya sekarang banyak lumut yang terdapat di batu bata. Tempat duduk itu sekarang diberi pagar guna mencegah pengunjung untuk masuk atau menginjak tempat duduk Empu Kriyo Kusumo.

Di barat api terdapat air tempat Empu Supo mendinginkan pusaka yang telah dibakar. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa air tersebut adalah belerang. Namun, anehnya air belerang di Kayangan Api adalah dingin.

“Untuk penyepuhan pusaka Empu Kriyo Kusumo membuat tempat air mendidih. Penyepuhan adalah istilah yang digunakan untuk mendinginkan pusaka yang telah dibakar di bara api. Setelah pusaka dibakar di atas bara api selanjutnya adalah disepuh. Proses penyepuhan ini berguna untuk menguatkan pusaka. Ya emang banyak yang mengira bahwa air tersebut adalah belerang. Tapi kalau air belerang itu panas. Namun di sini itu airnya dingin,” tutur Juli.

Setelah Empu Kriyo Kusumo membuat tempat penyepuhan pusaka, akhirnya ia membuat tempat masuk atau gerbang menuju wilayahnya dengan ditandai gerbang dari sebuah pohon yang melingkar seperti gerbang atau pintu masuk. Konon katanya gerbang itu adalah tempat masuk ke dalam kayangan. Akar dari pohon tersebutlah yang membuat pohon terlihat seperti gerbang.

Pohon tersebut dapat dilihat di sebelah barat dari air tempat penyepuhan pusaka. Pohon itu adalah pintu masuk pintu masuk ke Kayangan Api. Namun, pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah mengganti tempat masuk dari Kayangan Api. Sampai sekarang pohon tersebut masih tetap sama seperti saat pertama kali ditemukan.

Sumber: *Dhian Bintariana

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO