​Jaga Kehalalan Makan, Ke Hong Kong, Kiai Asep Bawa Lontong (1)

​Jaga Kehalalan Makan, Ke Hong Kong, Kiai Asep Bawa Lontong (1) Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA, Dra Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Ketua JKSN K.H. Roziqi dan rombongan saat acara Deklarasi Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Victoria Park Hong Kong. foto: EMMA/bangsaonline.com

HONG KONG, BANGSAONLINE.com - Pesawat Cathay Pasific itu take off sekitar pukul 9.00 WIB. Pesawat berbadan besar itu membawa rombongan Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur ke Hongkong. Dalam rombongan itu tampak Prof Dr M Mas'ud Said, Ketua ISNU Jawa Timur, Dr KH Muhammad Al-Barra (Gus Barra, putra Kiai Asep), KH Miratul Mukminin (Gus Amik) beserta istri dan Em Mas'ud Adnan, Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com. Di , rombongan Kiai Asep bergabung dengan rombongan Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa yang juga Gubernur Jawa Timur terpilih.

Bagaimana Kiai Asep menjaga kehalalan makanan? Inilah catatan Em Mas’ud Adnan dari .

Kiai Asep sudah sangat sering bepergian ke luar negeri. Begitu juga saya dan yang lain. Tapi kali ini tampaknya beda. Karena negeri tujuannya adalah , negara bekas jajahan Inggris yang rakyatnya mayoritas etnis Tionghoa (Kanton) dan menu makanannya banyak diwarnai daging dan lemak babi. Kia Asep pun agak gusar.

(Ibunda Khofifah Indar Parawansa saat memotong tumpeng di kantor Muslimat NU . foto: istimewa)

Kiai Asep dikenal sangat hati-hati dalam menjaga kehalalan makanan. Saya sering mendampingi kiai miliarder yang dermawan ini keliling beberapa daerah di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Jadi tahu betul bagaimana tradisi makan beliau.

Suatu ketika rombongan Kiai Asep masuk restoran besar. Pelayan datang dan Kiai Asep beserta rombongan pesan makanan. Sambil menunggu makanan Kiai Asep mengamati ruang restoran. Ia tiba-tiba berdiri dan bertanya kepada salah satu pelayan restoran itu siapa pemiliknya. Kiai Asep kemudian membayar makanan yang sudah dipesan namun ia langsung mengajak pergi tanpa makan. Usut punya usut ternyata Kiai Asep ragu terhadap kehalalan makanan itu. Peristiwa seperti ini sering terjadi.

Karena itu wajar jika Kiai Asep agak gusar soal makanan ketika akan menghadiri acara Jaringan Kiai-Santri Nasional (JKSN) untuk deklarasi Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin di Victoria Park di , Sabtu (25/11/2018) lalu.

(Rombongan Kiai Asep Saifuddin Chalim saat tiba di Bandara Internasional dijemput Suwarno dan Anton Intang Alih, dua warga Indonesia yang bekerja di . Foto: istimewa)

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO