​Rawan Laka Laut, BPBD Blitar Ingatkan Wisatawan Waspada Liburan ke Pantai

​Rawan Laka Laut, BPBD Blitar Ingatkan Wisatawan Waspada Liburan ke Pantai Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengimbau wisatawan pantai selatan waspada. Utamanya mendekati libur tahun baru, di mana sebagian masyarakat biasanya menghabiskan masa liburan dengan mengunjungi wisata pantai.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan mengungkapkan, selain gelombang tinggi hingga mencapai 4 meter beberapa waktu lalu, di sepanjang pantai selatan Kabupaten Blitar juga rawan terjadi kecelakaan laut dan sering memakan korban jiwa.

"Panjang pesisir pantai di Blitar selatan mencapai 45 kilometer. Dan seperti kita ketahui di pantai selatan Kabupaten Blitar sering terjadi laka laut. Untuk itu kami mengimbau warga yang beraktivitas di pantai untuk waspada. Baik itu wisatawan, nelayan, pedagang, maupun warga sekitar," ungkap Heru Irawan, Jumat (28/12/2018).

Heru memperkirakan saat libur tahun baru nanti masih akan banyak wisatawan yang memilih mengunjungi wisata pantai. Untuk itu pihaknya meminta para relawan yang untuk selalu berkomunikasi dengan petugas BPBD terkait kondisi di lokasi wisata pantai.

"Kami tidak menerjunkan petugas khusus. Namun kami tetap menjalin komunikasi dengan para relawan agar selalu melaporkan kondisi di lokasi (wisata pantai) kepada petugas. Sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera diatasi," paparnya.

Dia juga mengingatkan kepada para orang tua, yang berencana berlibur ke wilayah pantai untuk tetap memantau anggota keluarganya saat berada di lokasi wisata pantai, terutama anak-anak.

Heru menegaskan, bahwa keselamatan adalah tanggung jawab semua pihak. Bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas ataupun relawan semata.

"Dan yang perlu kami sampaikan berkali-kali, masyarakat juga harus peduli menjaga keselamatan masing-masing maupun anggota keluarganya selama berlibur ke pantai. Utamanya mengawasi anak-anak," pungkasnya. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO