Kurang 2 Bulan, Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Mulai Diserbu Calon Penumpang

Kurang 2 Bulan, Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Mulai Diserbu Calon Penumpang Suasana di Stasiun Blitar, Jumat (29/3). foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Musim mudik Lebaran 2019 masih kurang dua bulan lagi, namun geliatnya sudah mulai terasa. Utamanya untuk penjualan tiket kereta api (KA) jarak jauh.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan untuk pemberangkatan dari Stasiun Blitar ada tiga KA jarak jauh. Di antaranya KA Brantas, KA Singasari, dan KA Kahuripan. KA Brantas dan KA Singasari relasi Blitar-Pasar Senen (Jakarta). Sedangkan KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong (Bandung).

Dari tiga KA tersebut, untuk tiket arus balik dari Blitar menuju Jakarta dan Bandung saat ini rata-rata sudah terjual antara 40 hingga 50 persen dari persediaan. Untuk arus balik menggunakan KA Singasari kelas ekonomi tujuan Blitar-Pasar Senen saat ini tinggal 57 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan selama angkutan lebaran sebanyak 10.560 kursi.

Sedangkan untuk tiket kelas eksekutif KA Singasari tujuan Blitar-Pasar Senen saat ini masih tersisa 40 persen dari total tempat duduk yang disediakan selama 22 hari sekitar 3.300 kursi.

"Data ini adalah update terakhir per 28 Maret. Ini fluktuatif jadi masih berjalan terus," ungkap Ixfan usai meninjau perbaikan rel di Stasiun KA Blitar, Jumat (29/3/2019).

Sementara untuk arus mudik dari Pasar Senen (Jakarta) ke Blitar menggunakan KA Singasari kelas ekonomi tiket hanya tersisa 50 persen dari jumlah tempat duduk 10.560. Sedangkan untuk tiket kelas eksekutif masih menyisakan 41 persen dari total tempat duduk 3.300 .

Persediaan ini pun sudah habis untuk tanggal tertentu. Misalnya untuk pemberangkatan 5 dan 7 Juni pada arus mudik tiket kelas ekonomi KA Singasari dari Pasar Senen ke Blitar sudah habis.

Sedangkan tiket kelas eksekutif KA Singasari dari Pasar Senen ke Blitar habis untuk pemberangkatan 26 Mei 2019 dan 5-7 Juni 2019. "Sementara untuk tiket KA Brantas pemberangkatan dari Blitar ke Pasar Senen untuk arus balik tinggal sisa 13 persen dari total tempat duduk sebanyak 18.565 kursi," imbuhnya.

Terakhir, tiket KA Kahuripan justru sudah habis terjual baik untuk arus mudik maupun arus balik, dari total 13.992 kursi yang disediakan oleh PT KAI. "Untuk Kahuripan sudah habis baik untuk arus mudik maupun arus balik. Kami saat ini masih menunggu pengumuman KA tambahan. Biasanya, nanti akan ada KA tambahan untuk angkutan Lebaran," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO