​Wali Kota Risma Resmikan 70 Taman Baru Sekaligus

​Wali Kota Risma Resmikan 70 Taman Baru Sekaligus Wali Kota Risma saat bersiap memotong pita tanda peresmian. Foto: YUDI ARIANTO/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan 70 taman baru sekaligus secara simbolis di Taman Harmoni Keputih Surabaya, Kamis (16/5) sore. Peresmian ini juga menjadi kado istimewa di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-726.

70 taman baru yang tersebar di Kota Pahlawan ini rinciannya yakni terdapat di Surabaya pusat ada 4, utara 10, selatan 16, timur 26, dan barat 14 taman.

Salah satu taman yang baru saja diresmikan itu adalah Taman Ex Incinerator yang merupakan bagian dari Taman Harmoni Keputih. Taman baru itu memiliki luas mencapai 2,8 hektare dengan luasan lahan yang sudah dibangun tahun 2019 mencapai 1,2 hektare.

Dalam sambutannya Risma mengatakan, pembangunan Taman Ex Incinerator yang menjadi bagian dari Taman Harmoni itu dalam rangka pemerataan pembangunan di Kota Surabaya. Selain itu, bertujuan untuk menyuburkan kembali tanah yang sebelumnya merupakan eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, setelah 11 tahun ditutup.

Sebelumnya, Taman Ex-Incinerator ini merupakan bekas tempat pengolahan sampah yang kemudian disulap menjadi sebuah konsep taman yang menarik. Bahkan, di taman ini terdapat sarana ruang publik kreatif, seperti teater terbuka berbentuk lingkaran dan ruang khusus pameran hasil karya warga Surabaya. Apalagi taman ini memang dikhususkan untuk ruang publik kreatif.

“Taman ini akan lebih bagus dari taman-taman yang ada di luar negeri sekali pun. Karena taman ini penuh bunga. Kalau di sana (negara lain) cuma ada pohon sama rumput, kalau di sini penuh bunga,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO