​Puluhan Miliar Anggaran Disiapkan untuk Perbaikan Jalan di Pasuruan

​Puluhan Miliar Anggaran Disiapkan untuk Perbaikan Jalan di Pasuruan Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan kilometer jalan kabupaten yang kondisinya rusak parah pada tahun ini akan dibenahi oleh . Tak hanya jalan penghubung saja yang akan dibuat mulus, jalan menuju kawasan wisata menuju Bromo yakni di Kecamatan Tutur-Ngadirejo Kecamatan Tosari rencananya juga akan dilakukan pelebaran 1 meter.

Kabid Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Rutin Eko Bagus membenarkan rencana pembangunan jalan tersebut. Sumber dana untuk perbaikan berasal dari dana DAK dan APBN, yakni dana Hibah Jalan Wisata (APBN) dengan rincian untuk pemeliharaan rutin Rp 10,893 miliar, rehab jalan Rp 20,231 miliar.

Untuk panjang jalan yang akan ditangani sekitar 74 km (pemeliharaan rutin). Sedangkan untuk jalan menuju wisata (Tutur–Ngadirejo) panjang 6,4 km. Ada juga pemeliharaan rutin koridor yang tersebar di beberapa kecamatan dengan panjang 24,8 km pada tahun ini juga akan dilakukan perbaikan.

"Saat ini kegiatan tahap lelang di BLP, rencananya dalam waktu dekat ini akan dilakukan penandatangan kontrak," jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan instruksi dari pusat, kegiatan pembangunan ini harus betul-betul sesuai dengan ketentuan dan spek yang tertuang di dalam dokumen kontrak. Jika dalam pelaksanaan nanti ditemukan ada item pekerjaan yang tidak sesuai, maka konsekuensinya akan diberlakukan sanksi sesuai dengan ketentuan.

Karena anggaran pembangunan jalan nilainya besar, maka waktu/masa pelaksanaan kegiatan yakni 120 hari sejak dilakukan penandatanganan kontrak. (bib/par/ian)             

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO