Selasa, 20 Oktober 2020 12:57

Lomba Panjat Pinang Turut Meriahkan Hari Jadi Trenggalek

Minggu, 01 September 2019 11:12 WIB
Editor: .
Wartawan: Herman Subagyo
Lomba Panjat Pinang Turut Meriahkan Hari Jadi Trenggalek
Lomba panjat pinang di pelataran pendopo Trenggalek. foto: Herman Subagyo/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Trenggalek ke-825, FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) menggelar berbagai aneka lomba olah raga tradisional.

Berbagai lomba tradisional tersebut yakni Egrang, Tarik Tambang, Dagongan, Terompah, dan Panjat Pinang, yang kesemuanya digelar di pelataran pendopo Kabupaten Trenggalek terhitung mulai tanggal 30 Agustus hingga 31 Agustus.

Dari sekian aneka lomba tradisional, yang paling diminati oleh masyarakat adalah lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang ini digelar usai prosesi kirab pusaka Trenggalek.

Terdapat 3 pohon pinang di area lomba. Menurut panitia lomba, untuk satu pohon pinang terdapat 4 regu. Masing masing regu berjumlah 4 orang. Sementara hadiah yang di sediakan adalah juara utama akan mendapatkan uang senilai 1.750.000,- selanjutnya juara dua 1.250.000, juara tiga 1 juta juara 4 akan mendapat hadiah uang 750 ribu.

Ketua FORMI Kabupaten Trenggalek Edianto mengatakan lomba tradisional ini sengaja digelar dengan tujuan untuk melestarikan kejuaraan olah raga tradisional.

"Kami dari FORMI tiap tahun menggelar kegiatan lomba tradisional. Tujuannya agar olah raga yang sifatnya tradisional ini tetap ada dan tidak dilupakan oleh generasi yang akan datang," kata Edi dikonfirmasi di sela-sela berlangsungnya lomba panjat pinang, Sabtu (31/8).

Edi menilai kejuaraan olahraga tradisional saat ini mulai terkikis oleh kemajuan zaman. Oleh karenanya ia berharap olah raga tradisional yang pernah ada di kehidupan masa lalu bisa di hidupkan kembali sebagai upaya melestarikan budaya bangsa.

Adapun juara lomba panjat pinang sebagai berikut; Untuk juara 1 pinang 1 Selorejo Depok, juara 1 untuk pinang 2 Putra blimbing Dongko, serta untuk juara 1 pinang 3 Karangtaruna Soko. (man)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...