​Baznas dan Bupati Tuban Luncurkan Program Batik Ramah Lingkungan

​Baznas dan Bupati Tuban Luncurkan Program Batik Ramah Lingkungan Bupati Tuban menerima kenang-kenangan dari Ketua Baznas Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati H. Fathul Huda bersama Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Pusat dan Provinsi Jawa Timur serta Baznas Kabupaten Tuban meluncurkan Eco Fashion Community (EFC) ‘Putri Berdikari Batik’ di Desa Sumurgung, Tuban, Kamis (24/10/2019).

Sebelum meluncurkan program ini, bupati bersama perwakilan Baznas Pusat dan Jatim melaksanakan penanaman pohon yang akan dijadikan pewarna alami pada batik. Selain itu, mengunjungi salah satu rumah produksi batik ramah lingkungan milik warga.

Ia mengatakan, program yang diadakan oleh Baznas selaras dengan kebijakan dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. 

Program ini menjadi stimulan bagi masyarakat untuk terus berdaya dan mengembangkan ekonominya. Diharapkan program pemberdayaan ini dapat dikelola dengan profesional sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya program ini bagi warga desa Sumurgung,” ungkapnya.

Terkait konsep pengrajin batik berkonsep ramah lingkungan, bupati menyatakan, langkah tersebut dapat mengurangi limbah selama proses produksi batik. Sisa tumbuhan yang digunakan sebagai pewarna alami dapat diolah kembali menjadi kompos.

"Sehingga dapat mengatasi pencemaran lingkungan yang mungkin muncul,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO