​Kodim 0801/Pacitan dan Bakesbangpol Gelar Pelatihan Kader Bela Negara

​Kodim 0801/Pacitan dan Bakesbangpol Gelar Pelatihan Kader Bela Negara Sebanyak 120 orang peserta sedang mengikuti kegiatan pembentukan kader bela negara.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan melaksanakan kegiatan pembentukan kader bela negara, bertempat di Aula Kodim 0801/Jl Letjend Suprapto No 42 Pacitan, Kamis (5/12).

Kegiatan pelatihan kader bela negara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh 120 orang peserta pelatihan. Dilanjutkan pembukaan latihan oleh Kabid Integrasi Bangsa Bakesbangpol Pacitan Sugito. 

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa saat ini memasuki era modern serta perang modern yang harus benar-benar dimengerti dan dipelajari bersama. 

"Agar tidak terpengaruh terhadap dampak negatif global seperti kebebasan pers, adu domba, provokasi propaganda, cuci otak, dan sebagainya yang bisa menghancurkan bangsa Indonesia. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini di harapkan bisa menanamkan jiwa cinta tanah air dan terbentuk jiwa Nasionalisme dan Patriotisme," tuturnya.

Sementara itu, menurut Dandim 0801/Pacitan Letkol (inf) Nuri Wahyudi, kekuatan sebuah negara tak hanya tertumpu pada alat utama sistem persenjataan (alutsista) semata. Tetapi juga masing-masing manusianya harus ditumbuhkan jiwa Nasionalisme dan cinta terhadap Negara Indonesia. 

"Program pembentukan kader bela negara merupakan gagasan pemerintah untuk mempersiapkan rakyat menghadapi dua bentuk ancaman, yakni ancaman militer dan non militer. Oleh karena itu, Kodim 0801/Pacitan siap mendukung program tersebut," jelas Dandim. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO