​Gubernur, Kiai dan Ribuan Warga NU Hadiri 1000 Hari Wafatnya KH A Hasyim Muzadi

​Gubernur, Kiai dan Ribuan Warga NU Hadiri 1000 Hari Wafatnya KH A Hasyim Muzadi foto: istimewa

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pondok Pesantren Al-Hikam yang terletak di Jalan Cengger Ayam, Malang, Jawa Timur dipenuhi para kiai dan warga NU sejak Ahad (15/12/2019) pagi. Ribuan warga NU dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jakarta itu datang untuk mendoakan KH Ahmad Hasyim Muzadi yang wafat 1.000 hari lalu.

Pantauan BANGSAONLINE.com, massa memenuhi semua sudut Pondok Pesantren Al-Hikam. Bahkan Masjid Al-Ghozali yang berdiri di sebelah kiri pondok penuh dengan ibu-ibu.

Kiai Hasyim Muzadi wafat pada 17 Maret 2017 di Malang. Mantan ketua umum PBNU itu kemudian dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat. Abah Hasyim – panggilan warga NU terhadap Kiai Hasyim Muzadi – mendirikan dua pesantren, yaitu Pondok Pesantren Al-Hikam Malang dan Al-Hikam Depok.

Dalam acara yang digelar di halaman dalam Pondok Pesantren Al-Hikam itu hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU. Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu memberi sambutan. 

Di depan para kiai, Khofifah mengungkapkan bahwa Jawa Timur di bawah kepemimpinannya akan segera menggratiskan SPP Mandrasah Aliyah (MA), disamping SMA yang menjadi program utamanya. Informasi ini langsung mendapat aplaus panjang dari para hadirin. 

Ia juga memberi kabar gembira tentang program beasiswa S2 bagi para guru madrasah atau sekolah diniyah (agama).Ia mengaku sedang mengupayakan bagaimana caranya agar guru agama itu bisa kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Ia bahkan sudah dua kali berkomunikasi dengan Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Ia juga menegaskan bahwa sekarang dunia sedang butuh para penghafal al-Quran yang kuat untuk melakukan koding komputer. Ini berarti para penghafal al-Quran semakin banyak peluang untuk dunia profesi masa depan.

Namun ia juga sempat menyinggung soal hasil survey indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) dari Kementerian Agama (Kemenag) yang menyebutkan bahwa skor indeks KUB Jatim sebesar 73,7 persen dan berada pada urutan ke-17 di bawah skor KUB nasional yang sebesar 73,83 persen. Karena itu ia minta perhatian dan bantuan para kiai.

(Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberi sambutan pada acara 1.000 hari wafatnya KHA Hasyim Muzadi. foto: bangsaonline.com)

Selain Khofifah juga hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar. Mantan ketua PCNU Malang itu juga memberi sambutan. 

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO