​Bila Kiai Afifuddin, Kiai Hasyim Muzadi, dan Haedar Nashir Testimoni Gus Sholah

​Bila Kiai Afifuddin, Kiai Hasyim Muzadi, dan Haedar Nashir Testimoni Gus Sholah KH Afifuddin Muhajir (kanan). foto: istimewa

Oleh: M Mas’ud Adnan

. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan moderat dalam wacana.

– nama aslinya Salahuddin Al-Ayyubi. Namun seperti kakaknya, Gus Dur, lebih suka menulis namanya: Salahuddin Wahid. Menisbatkan ke nama ayahnya: KH Abdul Wahid Hasyim.

Gus Dur, nama aslinya: Abdrurrahman Ad-Dakhil. Tapi lebih suka menulis namanya: Abdurrahman Wahid.

tipikal pemimpin umat: bukan golongan. Karakternya terbuka, suka mendengar. Namun ia punya pendirian kuat. Tak gampang goyah. Pemegang teguh prinsip! Setidaknya inilah yang saya amati selama berinteraksi dengan . Baik dalam pertemuan pribadi, terbatas maupun formal.

tak pernah pilih-pilih tamu. Siapapun yang datang. Selalu Diterima. Baik sealiran. Maupun tak sealiran. Bahkan orang yang pernah menyakiti sekalipun. Dan tetap: santun dan egaliter.

Banyak tokoh terpesona. Termasuk para kiai. KH Afifuddin Muhajir, pengarang kitab Fathu Al-Mujib Al-Qorib, mengaku selalu memperhatikan cara duduk . “Cara duduknya dan dimana beliau duduk selalu saya perhatikan,” tutur pengasuh Ma’had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur itu.

Kiai Afifuddin Muhajir sering bertemu . Saat rapat tim pemenangan Khofifah-Emil. Di kediaman Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim. Di Siwalankerto Surabaya. “Sebagai putra dan cucu orang besar, beliau tidak memposisikan diri sebagai orang (besar). Tawaddlu’ luar biasa,” kata Kiai Afifuddin Muhajir yang Wakil Rais Syuriah PBNU.

“Tawaddlu’-nya perlu kita teladani. Semoga kita bisa. Amin,” harap Kiai Afifuddin Muhajir yang terkenal santun, familiar dan tawaddllu’ itu.

Kiai Afifuddin benar. sangat tawaddlu’ dan santun. Padahal - mantan wakil ketua PBNU dan Komnas HAM - itu putera KH A. Wahid Hasyim: pahlawan nasional. Kiai Wahid Hasyim adalah salah satu perumus Pancasila dan UUD 45. Kiai Wahid Hasyim adalah anggota BPUPKI yang kemudian menjabat menteri agama pertama RI.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO