Selasa, 20 Oktober 2020 12:40

Belum Kantongi Izin, KSU Rahayu Jatim Diminta Tidak Melakukan Operasional di Trenggalek

Senin, 02 Maret 2020 18:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Belum Kantongi Izin, KSU Rahayu Jatim Diminta Tidak Melakukan Operasional di Trenggalek
Saniran, Kabid Koperasi (kiri) dan Kades Sumberingin saat sidak ke KSU Rahayu Jatim. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan meminta Koperasi Serba Usaha (KSU) Rahayu Jawa Timur tidak melakukan operasional terlebih dahulu karena diduga belum mengantongi izin.

Pernyataan ini disampaikan oleh Saniran S.P.d., M.Si., Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, usai melakukan sidak bersama Kepala Desa Sumberingin ke Kantor KSU Rahayu Jatim yang beralamat di RT 25 RW 07 Dusun Sugihan Desa Sumberingin Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Senin (2/3).

"Tadi kami sarankan jangan beroperasional sebelum izin kantor cabangnya ada," ungkap Saniran di lokasi sidak.

Saniran mengungkapkan kantor Pusat KSU Rahayu Jatim berada di Kota Lumajang dan telah memiliki badan hukum serta akta pendirian.

Kendati demikian, kata Saniran, jika ingin membuka kantor cabang di luar kantor pusat maka koperasi harus mempunyai izin. Hal ini sesuai dengan Permenkop (Peraturan Menteri Koperasi) nomor 11 tahun 2018 tentang Perizinan Koperasi Simpan Pinjam yang selanjutnya diubah menjadi Permenkop Nomor 05 tahun 2019.

"Jadi tadi setelah kita tanya tentang izinnya pada salah satu orang yang menamakan dirinya pimpinan cabang belum bisa menunjukkan izin kantor cabang," ungkapnya.

Ia menegaskan, sudah memberikan surat peringatan kepada KSU Rahayu Jatim. Jika tetap nekat beroperasi, maka pihaknya menyerahkan persoalan tersebut pada aparat penegak hukum.

Saniran menerangkan kronologi temuan koperasi bodong ini, berawal dari informasi yang ia peroleh dari masyarakat. Berangkat dari informasi tersebut, pihaknya melakukan investigasi di lapangan.

Selama melakukan investigasi di lapangan, Saniran mengaku melihat tidak adanya papan nama koperasi tersebut. Biasanya, kata Saniran, koperasi simpan pinjam yang telah mengantongi izin resmi memiliki papan nama dan ditempatkan di bagian depan kantor.

Selain itu di dalam ruangan kantor tersebut ia juga melihat beberapa karyawan yang sedang melaksanakan aktivitas perkantoran.

Sementara Rangga Bastoro, pimpinan cabang KSU Rahayu Jatim saat dikonfirmasi enggan memberikan tanggapan. "Maaf saya masih banyak kerjaan," katanya singkat.(man/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...