Ansor-Banser Gresik Show of Force Sisir ISIS

Ansor-Banser Gresik Show of Force Sisir ISIS GP Ansor Gresik dan Banser melakukan show of force menyisir anggota ISIS. foto: Shopii/Harian Bangsa

GRESIK (BangsaOnline) - Tantangan dari ISIS membuat Gerakan Pemuda (GP) dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Gresik geram. Untuk itu, ratusan anggota GP Ansor dan Banser show of force dengan keliling kota Gresik menyisir anggota ISIS. Mereka bergerak dari Bumi Perkemahan Semen Gresik dengan mengendari motor.sambil mengibarkan atribut Ansor dan Banser. Massa menyusuri sepanjang Jalan Veteran ke Jalan RA Kartini dilanjut di Makam Sunan Giri. Tak pelak, aksi yang dilakukan GP Ansor dan Banser mengundang perhatian peziarah.

Setelah mengirimkan do'a Surah Al Fatihah, massa melanjutkan aksi menyusuri Jl. dr Soetomo ke Jalan Usman Sadar dilanjut Jalan Sindujoyo dan Jalan KH Kholil. Sesampainya di Jalan Basuki Rahmat, tepatnya depan Mapolres Gresik, massa berhenti dengan melakukan orasi dukungan polisi dan TNI memberantas upaya radikalisme atas nama Islam.

"Ansor dan Banser akan menjadi benteng dan berada di garda depan bagi merek yang perongrong NKRI. Maka dari itu, Ansor dan Banser mendukung TNI dan Polri memerangi radikalisme mengatasnamakan Islam," teriak anggota GP Ansor, Musyafak dalam orasinya, kemarin.

Kemudian, Kabag Ops Polres Gresik Kompol Makung Ismoyo menemui massa dari GP Ansor dan Banser. Bahkan, Kompol Makung pun menyempatkan untuk memberikan dukungan aksi tersebut. Sebab, menurutnya polisi siap melawan gerakan ISIS di Indonesia.

"Makanya, kalau ada gerakan yang mencurigakan di sekitarnya, agar warga secepatnya melaporkan ke polsek terdekat. Sehingga, gerakan yang merongrong Bangsa dapat dicegah sedini mungkin," tukasnya.

Massa GP Ansor dan Banser pun berlalu menuju Jalan Malik Ibrahim untuk berdoa di Makam Sunan Malik Ibrahim. Usai berdoa massa melanjutkan bersepeda beriringan menuju lokasi kegiatan Kemah Kebangsaan PC GP Ansor di Bumper Semen Gresik.

Sekretaris PC GP Agus Junaidi mengatakan, aksi yang dilakukan adalah spontanitas sebagai bentuk loyalitas Ansor kepada Negara dan Islam. Unjuk kekuatan yang dilakukan bukan menantang ISIS, namun sebagai bentuk kewaspadan akan upaya adu domba oleh gerakan radikalisme atas nama Islam.

"Kami siap menjadi benteng Ulama dan tetap berkomitmen NKRI adalah harga mati," tegasnya.

Menurutnya, Kemah Kebangsaan PC GP Ansor yang berlanhsung dari Jumat hingga Minggu ini bertujuan membangun kader dan memantabkan Ansor dan Banser sebagai benteng Ulama dan menjadi Ahlussunah Waljamaah.(sho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO