Apresiasi Si RAISA, Khofifah Ingin Kembangkan Robot Serupa untuk RS Lain yang Tangani Covid-19

Apresiasi Si RAISA, Khofifah Ingin Kembangkan Robot Serupa untuk RS Lain yang Tangani Covid-19 Gubernur Khofifah saat melihat langsung bagaimana cara kerja si RAISA.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi pada dan yang telah menciptakan inovasi layanan medis, si RAISA atau Robot Medical Assistant -. Robot ini memiliki keistimewaan mampu memberikan pelayanan pada pasien tanpa mengharuskan tenaga kesehatan bertatap langsung dengan pasien .

Saat meninjau dan meresmikan operasional 16 ruang ICU baru sebagai ruang isolasi pasien di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya, Kamis (16/4), Gubernur Khofifah berkesempatan melihat langsung bagaimana cara kerja si RAISA.

Gubernur Khofifah bahkan mencoba si RAISA dengan mengibaratkan dirinya adalah seorang pasien yang dilayani oleh si RAISA. Si kemudian masuk ke dalam ruangan isolasi dan menanyai kondisi pasien.

Dalam RAISA, terdapat layar yang terhubung dengan perawat yang ada di luar ruangan isolasi. Sehingga antara pasien dengan perawat tetap bisa berkomunikasi secara langsung meski lewat video.

"Ada keluhan apa hari ini ibu? Obat hari ini bisa diambil di nampan yang ketiga," ucap RAISA pada Khofifah.

Si RAISA selain memfasilitasi diri dengan layar kamera, sistem suara untuk direct communication, juga disiapkan nampan tempat obat atau perangkat medis yang harus diserahkan pada pasien.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO