​Sambut Ramadhan, Sore Nanti Gubernur Khofifah Siapkan 1.441 Apem untuk Megengan Online

​Sambut Ramadhan, Sore Nanti Gubernur Khofifah Siapkan 1.441 Apem untuk Megengan Online foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci 1441 H, biasanya ada tradisi masyarakat Jawa Timur yang tidak bisa ditinggalkan yaitu . Di mana, tradisi ini biasa dilakukan dengan kue khas berupa Apem.

Namun demikian, di tengah adanya pandemi covid-19 maka kegiatan masyarakat sangat dibatasi, khususnya untuk menggelar . Apalagi, semua perkumpulan massa juga tidak diperkenankan.

Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa melaksanakan tradisi ini dengan menggelar Online dari Gedung Grahadi sore ini,  Kamis (23/4). Dalam Online itu, rencananya juga akan melibatkan beberapa kepala daerah di Jatim. Di antaranya, Bupati Pamekasan, Bupati Lumajang, Bupati Jombang, Bupati Madiun, dan Bupati Trenggalek.

"Sambutan akan datangnya harus tetap kita lakukan, dan di tengah pandemi Covid-19 maka metode Online adalah salah satu pilihan," terang sapaan akrab Gubernur Jatim saat konferensi pers di Gedung Grahadi, Surabaya, Rabu (22/4) malam.

menuturkan, sebagai penanda bagi masyarakat akan datangnya maka sore nanti juga akan disiapkan 1441 Apem. Jumlah ini sengaja dipilih karena tahun kalender Hijriyahnya adalah 1441.

"Apem ini artinya Afwun dan Afwun yaang artinya permaafan. Sehingga menjelang kita diharapkan saling memaafkan. Ini juga merupakan bentuk memaksimalkan habluminannas atau hubungan baik dengan manusia," urai .

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO