​Ramadan saat Pandemi, Ponpes di Jombang Ngaji secara Online

​Ramadan saat Pandemi, Ponpes di Jombang Ngaji secara Online Gus Ayik saat pengajian secara online dengan jemaah lain.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Salah satu Pondok Pesantren (Ponpes), di Kabupaten menggelar pengajian online untuk para santrinya yang sudah pulang kampung sejak wabah merebak.

Seperti yang dilakukan oleh Ponpes Mambaul Ma'arif Asrama Sunan Ampel Denanyar, . Meskipun para santri sudah dipulangkan karena pandemi , namun para santri tetap bisa mengikuti kegiatan pengajian rutin yang sudah terjadwal selama bulan Ramadan ini.

Dengan dipimpin langsung oleh para masyayikh pondok melalui daring, pengajian diikuti para santri di rumah masing-masing, dengan menyimak kajian kitab. Pengajian itu bisa diikuti para santri secara daring melalui media sosial YouTube, Instagram, maupun Facebook.

Jadwal pengajian online digelar pada sore hari menjelang buka puasa dengan kajian kitab kuning Arbain Nawawi. Pengajian sore itu diisi langsung oleh putra Pengasuh Asrama Sunan Ampel Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar, Ahmad Athoillah atau Gus Ayik.

“Dengan adanya anjuran dari pemerintah terkait adanya pandemi ini, semua santri memang sudah kita pulangkan semua. Sehingga kami para keluarga pondok pesantren, para masyayikh mengadakan pengajian online agar tetap bisa diikuti oleh para santri,” ucapnya usai mengisi pengajian online, Kamis (30/04).

Gus Ayik menyampaikan, pengajian online ini memang harus dilakukan agar para santri tetap mendapatkan bekal keilmuan meski berada di rumah. Pengajian online ini akan terus dilakukan oleh pihak pondok sepanjang situasi pandemi masih ada.

“Dengan mengikuti pengajian ini, hubungan antara masyayikh dengan santri masih tetap nyambung meskipun secara online ini. Jadi tetap bisa belajar ilmu dari para masyayikhnya,” tegas dia.

Masih menurut Gus Ayik, pengajian secara online ini memang menjadi satu-satunya solusi di situasi saat ini. Namun, banyak santri yang berharap bisa mengikuti pengajian secara langsung. Karena itu, ia mendoakan agar kondisi pandemi ini segera berlalu, sehingga para santri bisa mengikuti pengajian secara langsung dengan para masyayikhnya.

“Kami berharap serta berdo’a semoga wabah ini segera selesai, agar semua bisa belajar. Banyak para santri yang mengeluh, lebih enak ngaji itu bisa langsung ketemu dengan masyayikhnya,” pungkasnya. (aan/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO