Jumat, 30 Oktober 2020 19:33

​Begini Cara Warga Kota Kediri Keluar Kota Naik Kereta Api di Era Pandemi

Rabu, 10 Juni 2020 18:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Begini Cara Warga Kota Kediri Keluar Kota Naik Kereta Api di Era Pandemi
Warga Kota Kediri saat memasuki pintu masuk Stasiun KA. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLNE.com - Menghadapi new normal saat ini, beberapa jalur perjalanan dari Kota Kediri ke luar kota sudah mulai dibuka. Salah satunya perjalanan ke luar kota dengan kereta api. Perlu dicatat, ini bukan pelonggaran, melainkan pengetatan aturan bepergian agar masyarakat tetap tak lengah menghadapi pandemi yang belum berakhir.

“Untuk saat ini, KA yang jalan adalah kereta lokal Dhoho jurusan Surabaya-Blitar PP. Sedangkan kereta api jarak jauh via Stasiun Kediri rencana akan jalan pada tanggal 12 Juni,” kata Wahyudi, Kepala Stasiun Kediri, Rabu (10/06).

Menurut Wahyudi, Kereta Api jarak jauh yang beroperasi yaitu KA Kahuripan jurusan Blitar-Bandung (Stasiun Kiaracondong). Sedangkan untuk kereta jarak jauh ke Jakarta sementara ini belum ada rencana dibuka atau menunggu perkembangan selanjutnya.

Apabila masyarakat Kota Kediri yang ingin bepergian ke Jakarta melalui kereta, hanya bisa melalui Surabaya. Namun agaknya tidak bisa ditempuh dalam sehari (langsung). Kereta ke Surabaya berangkat dari Stasiun Kediri pukul 06.14 WIB, sampai Surabaya (Kota) pukul 10.30 WIB dengan tarif Rp 15.000.

Sedangkan kereta dari Surabaya (Pasar Turi) ke Jakarta hingga saat ini masih menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) yang berangkat pada pukul 05.10 WIB dengan kelas eksekutif bertarif Rp 750 ribu. Sedangkan kereta ekonomi berangkat pukul 6.30 WIB dengan tarif Rp 400 ribu.

Wahyudi menambahkan, untuk naik kereta lokal, penumpang harus mengenakan masker, mengenakan busana pelindung (lengan panjang/jaket), suhu tidak boleh lebih dari 37,3 derajat celcius, dan tidak dalam keadaan flu, pilek, batuk, dan demam.

Sedangkan untuk penumpang kereta jarak jauh, penumpang harus memenuhi syarat sebagaimana penumpang kereta jarak dekat ditambah syarat-syarat lain. Pertama, tak hanya masker, penumpang harus mengenakan face shield selama perjalanan.

Selain itu, harus menunjukkan keterangan hasil negatif PCR test (berlaku 7 hari) atau hasil non reaktif rapid test (berlaku 3 hari).

Bila wilayah asal tak memiliki fasilitas untuk rapid test dan PCR, maka penumpang boleh menunjukkan surat keterangan sehat bebas dari flu, pilek, dan demam yang dikeluarkan oleh puskesmas/dokter rumah sakit.

Khusus untuk penumpang yang akan bepergian ke Jakarta, harus membuat surat SKIM (Surat Izin Keluar Masuk) yang bisa diperoleh secara daring dengan melengkapi berkas di https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...