​Mengintip Kampung Kincir Angin di Probolinggo, Bagaimana Suasananya?

​Mengintip Kampung Kincir Angin di Probolinggo, Bagaimana Suasananya? Suasana Kampung Kincir Angin di Jalan Ijen, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Siapa sangka, di terdapat Kampung Kincir Angin. Tepatnya di Jalan Ijen, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, . Lalu, bagaimana suasananya?

Salah seorang warga setempat, Elok (45), Koordinator Pembuat Kincir Angin mengatakan, nama Kampung Kincir Angin itu merupakan inisiatif warga sendiri ketika tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Beberapa warga memproduksi kincir angin yang terbuat dari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, seperti botol air mineral dan paralon bekas.

Barang-barang tersebut, lanjutnya, kemudian didesain menjadi sebuah kincir yang dipasang ke tiang bambu. “Semua biaya pembuatannya berasal dari swadaya masyarakat,” katanya.

Elok menjelaskan, kincir angin itu rencananya akan dipasang di setiap gang di Kelurahan Pilang. Bahkan, produk kincir angin itu bisa dijadikan sebuah peluang usaha bagi masyarakat setempat. Apalagi, di tengah menghadapi pandemi Covid-19.

“Jadi produk kincir angin ini nanti bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat setempat,” jelasnya.

Meski di Jalan Ijen itu masih belum cukup dikenal sebagai Kampung Kincir Angin, namun Elok mengaku optimis. "Apalagi, Probolinggo selama ini dikenal sebagai Kota Angin," ujarnya.

Menurutnya, ribuan botol air mineral bekas itu berasal dari sumbangan dari masyarakat yang peduli terhadap kreativitas warganya.

Elok menerangkan, selain kincir-kincir itu akan diproduksi menjadi sebuah peluang usaha bagi masyarakat, pembuatan ratusan kincir angin itu juga akan dibuat persiapan perayaan untuk memperingati HUT RI mendatang.

“Jadi untuk persiapan HUT RI nanti, kita butuh ribuan botol air mineral bekas dan paralon bekas,” pungkasnya. (prb1/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO