​Besok, Masjid Pemkot Surabaya Gelar Salat Jumat, Risma Musyawarah dengan 90 Takmir Masjid

​Besok, Masjid Pemkot Surabaya Gelar Salat Jumat, Risma Musyawarah dengan 90 Takmir Masjid Wali Kota Risma saat melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada para pengurus tempat ibadah melalui video conference (vidcon) di Balai Kota Surabaya, Rabu (10/06/2020). (foto: YUDI A/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismharini akhirnya membuka Masjid Al-Muhajirin Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, setelah sekian bulan ditutup akibat Covid-19. Besok (12/6/2020), masjid yang terletak di Jalan Jimerto Surabaya itu akan mulai menggelar salat Jumat.

“Ya besok mulai Jumatan. Saya tadi dari sana (Pemkot),” kata KH Munif, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Surabaya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (11/6/2020) sore. Hanya saja, tutur Kiai Munif, salat Jumat itu akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Apa ada petugas khusus yang akan mengatur jarak, misalnya? “O iya. Makanya tempat parkir dikosongkan dan dipasang tenda. Kalau nanti jemaah meluber, bisa salat Jumat di jalan itu,” kata Kiai Munif.

(Suasana di dalam Masjid Al-Muhajirin. foto: wikipedia) 

Kiai Munif juga menceritakan bahwa Bu Risma – panggilan akrab Wali Kota Surabaya – telah mengajak para takmir masjid di Surabaya untuk musyawarah dan mengajak mengikuti protokol kesehatan seperti yang akan diterapkan di Masjid Al-Muhajirin.

“Bu wali kota telah memanggil 90 takmir masjid di Surabaya. Mereka musyawarah lewat zoom, secara online. Agar tata cara masjid di Surabaya menerapkan tata cara seperti yang diterapkan di Masjid Muhajirin,” tutur Kiai Munif sembari mengatakan bahwa Bu Risma juga melibatkan Polres dan Danrem Surabaya.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO