​Stadion Joko Samudro Gresik Segera Beroperasi Jadi Pondok Rehabilitasi & Observasi Pasien Covid-19

​Stadion Joko Samudro Gresik Segera Beroperasi Jadi Pondok Rehabilitasi & Observasi Pasien Covid-19 Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sambutan saat meninjau kesiapan Stadion Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Minggu (19/7). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Stadion Joko Samudro Gresik bakal dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi Jawa Timur. Stadion ini akan menjadi tempat perawatan, serta isolasi bagi mereka yang terkonfirmasi . Namun untuk pasien gejala ringan dan yang sudah sembuh tapi butuh isolasi dan observasi.

Gubernur Jatim, Indar Parawansa bersama dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono meninjau kesiapan Stadion Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Minggu (19/7).

Gubernur memberikan apresiasi kepada Bupati Gresik yang telah melakukan inisiasi yaitu mempersiapkan ruang isolasi dengan kategori zona hijau, kuning dan merah.

Zonasi tersebut, dibedakan berdasarkan kualifikasi, yaitu zona hijau dipergunakan untuk tenaga kesehatan dan administrasi. Kemudian, zona kuning dipergunakan untuk pasien yang tidak memiliki gejala tapi positif.

Sedangkan zona merah dipergunakan bagi pasien yang memiliki gejala sedang dan atau sudah selesai menjalankan perawatan tapi masih membutuhkan rehabilitasi.

“Inisiasi seperti ini kami sangat apresiasi karena bisa mempercepat layanan pasien ringan sampai sedang serta mengurangi beban dan penumpukan di RS rujukan yang menangani Covid 19,” lanjutnya.

Untuk itu, Gubernur meminta kepada Bupati Gresik untuk segera mengoperasikan Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid 19 di Stadion Joko Samudro ini.

Tapi sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu bahwa siap untuk dioperasionalkan, baik kesiapan tenaga kesehatan maupun alat kesehatannya. Sedangkan sistem pelayanan dan jaringan kerjanya menurut saya sudah cukup baik.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO