​Penuhi Standar FIFA, Rumput dan Jacuzzi Gelora 10 November Sudah Selesai Dipasang

​Penuhi Standar FIFA, Rumput dan Jacuzzi Gelora 10 November Sudah Selesai Dipasang Penanaman rumput di Stadion Gelora 10 November atau Stadion Tambaksari Surabaya sesuai standar yang ditetapkan FIFA. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - telah selesai melakukan penanaman rumput di Stadion atau Stadion Tambaksari, Surabaya. Hal ini merupakan salah satu sarana dan prasarana untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian memastikan, khusus penanaman rumputnya sampai saat ini sudah selesai semuanya, karena memang sudah digarap sejak Maret 2020 lalu. Saat ini, sedang proses pemeliharaan dan menunggu pertumbuhan serta adaptasi rumput.

“Nah, proses pemeliharaan dan adaptasi ini membutuhkan waktu sekitar dua bulanan. Insya Allah September sudah bisa dipakai dan ini sudah sesuai dengan time schedule yang disepakati bersama,” kata Iman, Kamis (23/7/2020).

Iman juga menjelaskan proses penanaman rumput itu hingga selesai. Awalnya, tanah di lapangan itu dikupas semuanya sekitar 60 cm. Ternyata, setelah dikeruk, diketahui bahwa tanah di lapangan itu tanah sampah yang banyak plastiknya.

“Jadi, Stadion Tambaksari itu sebelumnya memang hanya lapangan rumput konvensional dan ternyata tanahnya tanah sampah, sehingga tanah aslinya kita buang dulu. Sebab, untuk rumput ini memang membutuhkan tanah khusus,” tegasnya.

Setelah dilakukan pengerukan atau pengupasan tanahnya, lalu dipasangi geomembran, kemudian dipasang drainase baru untuk penyiraman, karena selama ini memang tidak ada. Proses selanjutnya adalah pemasangan kerikil hingga tanah taman. “Baru setelah itu ditanami rumput yang jaraknya sudah kita atur antar rumput itu,” ujarnya.

Selain itu, Iman memastikan bahwa pihaknya juga melakukan perbaikan pada beberapa elemen lainnya, seperti perbaikan ruang ganti, pembuatan jacuzzi dan sauna, serta perbaikan lainnya. “Perbaikan yang sudah selesai juga adalah ruang ganti, jacuzzi, dan sauna sudah selesai juga,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Surabaya, Edi Santoso mengatakan, perbaikan lapangan menjadi salah satu proyek prioritas pada tahun 2020 ini. Nah, salah satu prioritas perbaikannya adalah penggantian rumput yang sesuai standar yang ditetapkan FIFA. (ian/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO