​Nihil, Donor Plasma Darah Belum Direspons Pasien Sembuh Covid-19

​Nihil, Donor Plasma Darah Belum Direspons Pasien Sembuh Covid-19 Ilustrasi. (by freepik).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Imbauan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Komisariat Cabang Malang Raya terkait donor plasma darah, ternyata tidak mendapat respons pasien confirm Covid-19 . Terbukti, hingga saat ini belum ada satu pun yang mendonorkan plasma darahnya melalui PMI .

"Belum, Mas. Hingga saat ini belum ada yang mendonorkan plasma darahnya. IDI hanya memfasilitasi dan sebatas memberikan imbauan yang kemudian diteruskan oleh teman-teman sejawat yang ada di desa," ujar dr. Susana Indahwati, Ketua IDI Komisariat Cabang Malang kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (26/7/2020).

Menurut dr. Susana, pihaknya tidak bisa memaksa agar para pasien sembuh yang saat ini berjumlah 130 orang mendonorkan plasma darahnya. IDI Komisariat menyerahkan sepenuhnya kepada warga yang confirm.

"Tidak ada paksaan untuk mendonorkan plasma darah. Terserah warga yang confirm sembuh. Ini kami lakukan untuk menghindari anggapan bahwa kami terkesan memanfaatkan mereka," terangnya.

Lebih lanjut, dr. Susana mengungkapkan bahwa donor plasma darah ini berpulang pada hati nurani warga yang confirm sembuh. Pasalnya, keberadaan plasma darah ini sangat membantu kesembuhan warga yang belum sembuh.

Seperti diketahui, sejak pemulangan puluhan warga confirm yang sudah sembuh dari Shelter Hotel Mutiara Baru beberapa waktu lalu, IDI Komisariat telah memberikan imbauan, termasuk melalui media sosial agar warga yang confirm sembuh mau mendonorkan plasma darahnya. (asa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO