​Pemkot Surabaya Gelar Rapid dan Swab Test Massal di Pasar Pabean, 5 Reaktif

​Pemkot Surabaya Gelar Rapid dan Swab Test Massal di Pasar Pabean, 5 Reaktif Para pedagang ikan di Pasar Pabean sedang menjalani rapid test dan swab test massal. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali melakukan tes massal yang ditujukan kepada pasar tradisional. Setelah menggelar rapid dan swab test massal di Pasar Keputran Utara dan Pasar Keputran Selatan pada pekan lalu, kali ini giliran Pasar Pabean, Sabtu (25/7).

Kepala Satpol PP Eddy Christijanto mengatakan total ada 347 orang yang di-rapid test. Mereka terdiri dari pedagang ikan di Pasar Pabean dan di Jalan Panggung. Selain itu, pengunjung serta supplier ikan yang sedang mengirim ikan basah juga ikut di-rapid.

“Hasilnya, dari 347 orang tersebut, 47 orang hasil rapid test-nya adalah reaktif. Mereka yang dinyatakan reaktif langsung dilakukan swab test. Mereka yang reaktif kan belum tentu positif Covid-19. Tetapi sementara ini mereka diinapkan di hotel untuk isolasi sambil menunggu hasil swab keluar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, rapid test disertai swab ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa di Pasar Keputran Utara dan Pasar Keputran Selatan. Menurutnya, memang gencar untuk menekan potensi penyebaran Covid-19. Salah satu sasarannya adalah pasar-pasar tradisional.

“Sehingga kita melakukan testing di pasar yang ada di Kota Surabaya. Kemarin Keputran, sekarang di Pabean. Tujuan Kita adalah untuk melihat langkah apa yang harus dilakukan,” terangnya.

Tidak hanya itu, upaya ini masih akan terus berlanjut. Selain di Pasar Keputran Utara, Pasar Keputran Selatan dan Pasar Pabean, rapid test dan swab test sangat memungkinkan dilakukan di pasar tradisional yang lain. “Selanjutnya Kita akan terus bergerak. Kita akan melihat potensi mana yang memang harus Kita treatment,” lanjut mantan Kepala BPB Linmas ini.

Lihat juga video 'Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO