​AS Hikam: Gus Im Mentor dan Patner Debat Mengasyikkan Soal Demokrasi, NU, Musik….

​AS Hikam: Gus Im Mentor dan Patner Debat Mengasyikkan Soal Demokrasi, NU, Musik…. Dr. Muhammad Atho'illah Shohibul Hikam, M.A., A.P.U (AS Hikam). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr. Muhammad Atho'illah Shohibul Hikam, M.A., A.P.U, mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden KH Abadurrahman Wahid () mengaku punya kenangan khusus dengan KH Hasyim Wahid (Gus Im) yang wafat hari ini, Sabtu (1/8/2020) di Rumah Sakit Mayapada Jakarta.

“Almarhum adalah salah seorang sahabat saya tercinta, salah seorang mentor (dalam ilmu dan humor), salah seorang guru dalam memahami dinamika masyarakat, dan seorang pejuang demokratisasi yang selalu menemani almaghfurlah , yang notabene adalah kakanda tertua almarhum,” tulis AS Hikam dalam grup WA para kiai dan aktivis NU, Sabtu (1/8/2020).

“Gus Im akan selalu saya kenang sebagai partner yang mengasyikkan dalam debat tentang segala hal: demokrasi, musik, ke NUan, politik global dan lain-lain. Seperti juga almaghfurlah GD, almarhum Gus Im sangat perhatian kepada saya sejak kenal pertama. Gus Im bahkan berkenan memberi kata pengantar buku saya tentang almaghfurlah pada 2013, "ku, Anda, Kita. Inna lillahi wa inna ilaihi Roji'un. Insya Allah husnul khotimah. Amiin, Alfatihah," tulis AS Hikam lagi.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, KH Hasyim Wahid (Gus Im), adik bungsu KH Abdurrahman Wahid () wafat pada Sabtu (1/8/2020) pukul 04.18 WIB di Rumah Sakit Mayapada Jakarta. Gus Im adalah putra dari KH A Wahid Hasyim, pahlawan nasional yang juga Menteri Agama RI pertama.

Kiai Wahid Hasyim adalah putra KHM Hasyim Asy’ari, pendiri Pesantren Tebuireng dan Nahdlatul Ulama (NU). Jadi Gus Im adalah cucu .

Gus Im adalah putra bungsu pasangan KH A Wahid Hasyim dan Nyai Hj Sholilah Munawwaroh. Pernikahan Kiai Wahid Hasyim-Nyai Sholihah itu melahirkan enam putra-putri, yaitu , Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi (mantan Ketua Umum PP Muslimat NU), , Gus Umar Wahid (dokter), Nyai Lily Chadidjah Wahid (mantan anggota DPR RI) dan KH Hasyim Wahid (Gus Im). (MMA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO