​Tak Tahan Menganggur Lama, Ratusan Purel Demo Tolak Perwali 33

​Tak Tahan Menganggur Lama, Ratusan Purel Demo Tolak Perwali 33 Ratusan karyawan, buruh, purel, serta pekerja seni tempat hiburan malam menggelar aksi damai di areal Balai Kota Surabaya, Senin (3/8/2020) siang. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ratusan karyawan, buruh, purel, serta pekerja seni tempat hiburan malam menggelar aksi damai di areal Balai Kota , Senin (3/8/2020) siang.

Mereka menuntut dicabutnya Perwali 33 Tahun 2020 lantaran mereka merasa aturan tersebut merugikan pekerjaan mereka. "Kami minta cabut Perwali 33," teriak Orator Aksi dari atas mobil komando yang terparkir di pintu masuk Balai Kota .

Para peserta aksi yang mayoritas kaum hawa ini membawa banyak spanduk yang dibentangkan di Jalan Sedap Malam. Spanduk yang tertulis memang menolak adanya ketentuan Perwali tersebut.

Adapun yang ditolak memang lantaran ada aturan tempat hiburan malam diminta tak beroperasi. Hal itu tertuang dalam Pasal 20 Perwali 33 Tahun 2020. "Ini aspirasi kami mewakili yang bekerja di tempat hiburan malam," kata Noerdin, perwakilan massa.

Ia mengatakan, sudah beberapa bulan mereka tak bekerja lantaran ketentuan tersebut. Para pekerja menganggur, mereka mengeluhkan barang-barang berharga miliknya sudah banyak yang digadaikan.

Mirsha Afifah, salah seorang peserta aksi mengungkapkan, lantaran tempatnya bekerja sudah tak diperbolehkan lagi, ia kesusahan bayar kos. "Sudah lima bulan tak bekerja," ujarnya.

Hingga pintu audiensi pun dibuka oleh pihak Pemkot . Bertempat di Dapur Umum Covid-19 di Balai Kota , audiensi dihadiri oleh Kepala BPB Linmas serta Kapolrestabes , Kombes Pol. Jhonny Edison Isir.

Audiensi antara perwakilan massa aksi yang menolak Perwali 33 Tahun 2020 bersama Pemkot berjalan alot. Sebab, belum membuahkan kesepakatan.

Massa dari pekerja hiburan itu meminta tempat mereka bekerja langsung dibuka pascaaksi damai ini lantaran banyak dari mereka yang terimbas. Sementara dari Pemkot tetap mempertimbangkan faktor risiko jika tempat semacam itu dibuka sebelum ada kajian mendalam.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO