​Empat Pegawai Protokol Positif Covid-19, Peringatan HUT Blitar ke-696 Tetap Digelar

​Empat Pegawai Protokol Positif Covid-19, Peringatan HUT Blitar ke-696 Tetap Digelar Peringatan Hari Jadi Blitar ke-696. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Empat pegawai bagian Prokopim (Protokol dan Komunikasi Pimpinan) Sekretariat Daerah Kabupaten terkonfirmasi positif Covid-19 sehari sebelum puncak Peringatan Hari Jadi ke-696.

Kondisi ini memaksa Pemkab merombak kembali susunan kepanitiaan pelaksanaan puncak Hari Jadi ke-696 yang digelar Rabu 5 Agustus 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten , Kuspardani mengatakan, empat pegawai bagian Prokopim yang terkonfirmasi positif kini diisolasi di tempat isolasi Pemkab di LEC Garum.

Sementara tugas keprotokolan peringatan Hari Jadi diambil alih mereka yang sebelumnya bekerja (alumni) di bagian Prokopim. Seluruh panitia yang terlibat dalam acara ini juga melalui tahapan screening.

"Jadi yang bersangkutan dari bagian protokol itu sudah masuk rumah isolasi. Pegawai lainnya yang kontak erat juga diisolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara tugas keprotokolan termasuk dalam peringatan hari jadi ini diambil alih mereka yang memang alumni bagian protokol. Ada Kepala Dinas PUPR yang dulu kabag di bagian protokol serta Pak Lurah Nglegok yang dulunya kasubag protokol, sekarang meng-handle sementara tugas keprotokolan," ujar Kurpasdani, Rabu (5/8/2020).

Kuspardani menambahkan, karena pegawai protokol ini kesehariannya memiliki tugas menempel ke bupati, di antaranya merencanakan, mengoordinasikan, melaksanakan, mengendalikan, serta mengevaluasi urusan keprotokolan bupati, untuk itu Bupati sendiri telah menjalani tes swab dan hasilnya negatif. "Beliau sudah di-swab dengan hasil negatif," tuturnya.

Dia menjelaskan, empat pegawai Prokopim itu terdiri dari dua laki-laki dan dua wanita. Kronologi terpaparnya empat pegawai bagian Prokopim itu bermula saat ada seorang Pegawai BNN Kabupaten berkunjung ke ruangan bagian Prokopim. Beberapa hari usai berkunjung, pegawai BNN itu dinyatakan positif Covid-19.

Setelah itu seluruh pegawai bagian Prokopim langsung menjalani tes swab dengan hasil empat orang dinyatakan positif. Usai empat orang dinyatakan positif, Rabu 5 Agustus 2020 siang, seluruh pegawai yang pernah kontak erat dengan empat pegawai positif dites swab ulang.

"Iya memang riwayatnya kontak erat dengan pegawai BNN yang dinyatakan positif," pungkasnya.

Sekadar untuk diketahui, Peringatan Hari Jadi tahun ini tak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Pemkab membatasi tamu undangan yang hadir dan meringkas acara. Undangan yang datang juga diwajibkan memakai masker dan pelindung wajah. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO