Selasa, 29 September 2020 08:34

Antisipasi Libur Akhir Pekan, Dua KA Brantas Dioperasikan

Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Antisipasi Libur Akhir Pekan, Dua KA Brantas Dioperasikan
KA Brantas saat berada di Stasiun Nganjuk. (foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE)

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixvan Hendriwintoko mengatakan, secara teknis keduanya akan beroperasi pada tanggal 14-17, dan 19-24 Agustus 2020.

Sementara untuk jadwal keberangkatan KA 117 Brantas, dari Blitar pukul 12.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 02.10 WIB. Sedangkan KA 118 Brantas, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 13.30 WIB dan tiba di Stasiun Blitar 03.55 WIB.

"KA Brantas termasuk dalam kelas nonsubsidi, rangkaiannya terdiri atas 4 kereta kelas ekonomi AC, 4 kereta kelas eksekutif, 1 kereta pembangkit, dan 1 kereta makan,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/8/2020).

Ditambahkan, stasiun di Daop 7 Madiun yang menjadi pemberhentian KA Brantas, yakni Stasiun Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Magetan, Ngawi, dan Stasiun Walikukun.

“Tiket dapat diperoleh melalui pemesanan mulai H-7 di aplikasi KAI Access, website kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” katanya.

Ia menerangkan, meski kini sejumlah kereta api reguler sudah mulai kembali beroperasi, namun KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat, serta dalam kondisi sehat (tidak memiliki gejala flu seperti demam, batuk, dan sesak napas) selama perjalanan. Selain itu, para penumpang yang naik kereta diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang.

Ia menegaskan, pelanggan KA jarak jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI, sedangkan pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun (infant) agar membawa face shield pribadi.

"Semoga beroperasionalnya kembali KA Brantas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan bepergian dalam mengisi libur panjang Hari Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam," pungkasnya. (bam/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...