​Hasil Kongres Kedua AMSI: Wens-Komang Lanjutkan Kepemimpinan untuk Periode 2020-2023

​Hasil Kongres Kedua AMSI: Wens-Komang Lanjutkan Kepemimpinan untuk Periode 2020-2023

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pasangan Wens Manggut dan Wahyu Dhyatmika (Komang) kembali memimpin Asosiasi Media Siber Indonesia () periode 2020-2023. Wens Manggut adalah Chief Content Officer (COO) KapanLagi Youniverse, sedangkan Wahyu Dhyatmika adalah Pemimpin Redaksi Majalah Tempo.

Wens & Komang ditetapkan sebagai Ketua Umum & Sekjen secara aklamasi dalam Kongres Kedua  yang dibuka pada Sabtu (22/8/2020) pagi, setelah nama lain yang diusung menyatakan tidak bersedia dicalonkan.

Sedianya, Kongres Kedua akan digelar di Surabaya Jawa Timur, akan tetapi karena pandemi Covid-19, kongres digelar secara virtual. Sementara tema yang diusung dalam Kongres Kedua tersebut adalah "Membangun Ekosistem Media Siber Berkelanjutan".

"Kongres menetapkan Wens Manggut sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika sebagai Sekjen ," ujar Pimpinan Sidang Kongres Kedua , Arief Rahman, Sabtu (22/8/2020).

Sementara itu, Wens Manggut mengapresiasi kepercayaan anggota dan menyatakan siap menerima mandat sebagai ketua umum periode kedua ini.

"Waktu dipilih 3 tahun lalu menjadi ketua, saya terima karena saya melihat kebersamaan yang luar biasa, dan selama 3 tahun ini kebersamaan itu tak pudar, dan itu pulalah alasan saya mau menerima mandat periode kedua ini," ujar Wens.

Dia mengungkapkan bahwa tantangan terbesar saat ini adalah perubahan yang begitu cepat pada industri informasi dan bisnis media. Tantangan itu tidak hanya memerlukan profesionalitas, tetapi juga memerlukan kesamaan langkah dan sikap soal ekosistem digital. "Kesatuan pikiran itulah kekuatan ," tandasnya.

Kongres Kedua juga menetapkan lima anggota Badan Pertimbangan dan Pengawas , yakni Sapto Anggoro (Pemred Tirto.id), Viktor C. Mambor (Penanggung Jawab Tabloidjubi.com), Dwi Eko (Lucky) Lokononto (Pemred Beritajatim.com), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), dan Iin Yumiyanti (Wakil Direktur Konten detiknetwork).

Sementara itu, kongres juga mengusulkan sejumlah nama yang akan duduk pada kursi Majelis Etik , yakni Nezar Patria (Thejakartapost.com), Arifin Asydhad (Pemred Kumparan.com), Metta Dharmasaputra (Co-founder & CEO Katadata), Upi Asmaradhana (Pemred kabarmakassar.com), Irfan Junaedi (Pemred republika.co.id), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), Arief Rahman (Pemred lensaindonesia.com), Yatimul Ainun (Pemred timesIndonesia.co.id), Abdul Manan (Ketua Umum AJI), Ati Nurbaeti (Mantan Ketua Umum AJI), Teguh Imam Wibowo (Kepala Biro Antara Kalbar), dan Yoseph Stanley Adi Prasetyo (Tokoh Pers).

Pengurus terpilih selanjutnya akan menetapkan tiga nama untuk menjadi Majelis Etik Periode 2020-2023.

Berikut Daftar Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia () Periode 2020-2023:

Ketua Umum: Wenseslaus Manggut

Sekjen: Wahyu Dhyatmika (Komang)

Badan Pertimbangan dan Pengawas :

1. Sapto Anggoro

2. Viktor C. Mambor

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO