​Edukasi Para Pesepeda agar Aman, Gubernur Khofifah dan Penyintas Covid-19 Bagikan Masker

​Edukasi Para Pesepeda agar Aman, Gubernur Khofifah dan Penyintas Covid-19 Bagikan Masker Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara gerakan maskerisasi dan edukasi yang diberangkatkan dari halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (23/8). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama para Penyintas Covid-19 yang tergabung dalam Ikatan Alumni Pasien Sembuh COVID-19 RS Lapangan Indrapura menyelenggarakan acara gerakan isasi dan edukasi yang diberangkatkan dari halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (23/8).

Edukasi yang dilakukan Gubernur Khofifah bersama para penyintas Covid-19 itu adalah terkait bagaimana bersepeda yang aman di era pandemi sesuai pedoman WHO dan Bike to Work (B2W) Indonesia. Ini penting karena, dalam pedoman WHO Moving around during the COVID-19 outbreak disebutkan bahwa jalan kaki maupun bersepeda dianjurkan sebagai alternatif metode transportasi di era pandemi ini karena relatif lebih mudah untuk melakukan jaga jarak dibandingkan moda transportasi lain.

"Jadi dalam kegiatan ini kita mencontohkan bagaimana pelaksanaan bersepeda yang sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dari WHO dan B2W sehingga kita tetap bisa bersepeda dengan aman dan sehat," kata gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, sesuai dengan pedoman B2W Indonesia, kegiatan bersepeda benar-benar dibatasi dan diatur dalam rombongan kecil yakni 2-5 pesepeda. Selain itu pesepeda harus tetap menggunakan , jaga jarak dan selalu mematuhi rambu lalu lintas.

Hal ini penting mengingat bahwa sesuai dengan rilis dari Pusat Krisis Kemenkes RI, penggunaan dan jaga jarak minimal 2 meter mampu menurunkan penularan hingga mencapai 100 persen. Karenanya, saat istirahat para peserta juga harus tetap jaga jarak dan tetap memakai , serta dipastikan tidak nongkrong terlalu lama.

Khofifah berharap, aktivitas ini mampu menjadi teladan bagi masyarakat yang memang animonya sangat tinggi dengan aktivitas bersepeda. Dengan demikian, maka masyarakat akan tetap bisa bersepeda dengan aman dan tetap sehat.

"Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang juga disarankan oleh WHO ketika pandemi berlangsung. Apalagi animo masyarakat juga tinggi, untuk itu mari tetap aktif berolahraga dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," tegasnya.

Usai melepas para peserta, Khofifah bersama para kepala OPD kemudian ikut bersepeda bersama dengan Penyintas COVID-19 menuju Taman 10 Nopember Mundu, Kec. Tambaksari, Surabaya. Disana, Khofifah bersama rombongan membagi-bagikan 5.000 , 200 paket protokol kesehatan dan 100 paket sembako kepada masyarakat, pedagang kaki lima, bahkan petugas kebersihan yang sedang berada di lokasi tersebut.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO