​Fraksi NasDem Minta Pemprov Lakukan Efisiensi Belanja Pegawai

​Fraksi NasDem Minta Pemprov Lakukan Efisiensi Belanja Pegawai Suasana rapat paripurna DPRD Jatim dengan agenda pandangan umum fraksi. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah mendapat persetujuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jatim bahwa Raperda Perubahan APBD Jatim Tahun Anggaran 2020 layak untuk dibahas. Kini, giliran fraksi-fraksi di DPRD Jatim memberikan saran dan kritik yang disampaikan dalam Rapat Paripurna tentang Laporan Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda P-APBD Jatim 2020, Jumat (28/8).

Juru Bicara Fraksi Partai NasDem DPRD Jatim, Suyatni Priasmoro mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kajian mendalam terkait potensi-potensi pendapatan daerah, untuk menetapkan target pendapatan sesuai potensi yang dimiliki, sehingga semua potensi tidak bocor (potential loss) dan dapat dimaksimalkan untuk kepentingan rakyat.

Selain itu, Fraksi Partai NasDem juga berharap Gubernur Jatim melakukan efisiensi belanja pegawai dan mengalihkannya untuk belanja langsung, serta belanja publik untuk langkah kuratif maupun preventif dalam mencegah perluasan penularan Covid-19 di Jatim, serta peningkatan ekonomi masyarakat.

“Harapannya, belanja daerah dalam rancangan P-APBD 2020 ini lebih riil terkait langsung dengan pembangunan kesejahteraan rakyat,” kata Suyatni.

Evaluasi atas penetapan anggaran masing-masing OPD, lanjut Suyatni juga perlu disesuaikan dengan Renstra OPD, berdasarkan prinsip money follow function. Termasuk peningkatan kualitas SDM masing-masing OPD dalam melakukan penyerapan anggaran agar tidak banyak menciptakan SILPA.

“Peruntukan belanja harus benar-benar sesuai peruntukan dan kelompok sasaran. Apalagi di masa ancaman resesi ekonomi di tengah Pandemi Covid-19, efektivitas dan efisiensi kinerja birokrasi sangat berperan sentral,” kata politisi asal Partai NasDem itu. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO