​Dahlan Iskan: 4 Pilihan Kerja Sukses Bagi Sarjana Baru Lulus PT

​Dahlan Iskan: 4 Pilihan Kerja Sukses Bagi Sarjana Baru Lulus PT Dahlan Iskan bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jatim Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. saat diajak keliling meninjau bangunan IKHAC oleh Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, M.Ag, Ahad (30/8/2020). foto: MMA/ bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dahlan Iskan, tokoh pers yang mantan Menteri BUMN, memberikan tips kepada para yang baru lulus dari Perguruan Tinggi (PT). Menurut dia, ada empat pilihan yang bisa dilakukan oleh para yang baru lulus PT agar kita menjadi orang sukses.

“Pertama, bekerja di perusahaan besar yang sistemnya sudah sangat baik. Dari perusahaan itu kita bisa mempelajari sistemnya,” kata Dahlan Iskan saat menyampaikan orasi ilmiah dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Perdana Sarjana dan Pasca Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto Jawa Timur, Ahad (30/8/2020).

“Saya tadi tanya ibu gubernur, anaknya kerja dim ana. Katanya di perusahaan multinasional,” kata Dahlan Iskan sambil menyebut nama perusahaan multinasional tersebut. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memang hadir dalam acara tersebut. Gubernur Khofifah juga memberikan orasi ilmiah.

Kedua, menurut Dahlan Iskan, bekerja di perusahaan kecil. “Tapi pemimpinnya bisa dijadikan role model,” kata mantan Dirut PLN tersebut. Sehingga kita bisa menyerap model kepemimpinnya.

Ketiga, kata Dahlan Iskan, usaha sendiri atau jadi .

Tapi bagaimana kalau tak punya modal?. “Bisnis tak pernah tanya modal. Modalnya kemauan,” tegas tokoh bisnis asal Takeran Magetan Jawa Timur yang pernah kuliah di IAIN itu.

Nah, kemauan itu bisa dilihat dari upaya keras kita dalam meraih cita-cita. “Kalau anak muda yang punya cita-cita pasti pernah tidak tidur tiga hari tiga malam. Atau dua hari dua malam. Atau sehari semalam. Untuk mencapai cita-citanya itu. Kalau tidak pernah tidak tidur tiga hari tiga malam, berarti dia tak punya cita-cita,” katanya.

Menurut dia, kalau kita terjun ke bisnis, maka pasti mengalami jatuh-bangun. “Seperti belajar naik sepeda. Kan tidak bisa langsung bisa berjalan. Jatuh lalu bangun. Jatuh lagi, bangun lagi,” katanya.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO