​Ini Kata BPK Jatim Soal 4 Pegawai Inspektorat Blitar Positif Corona Usai Kegiatan Pemeriksaan

​Ini Kata BPK Jatim Soal 4 Pegawai Inspektorat Blitar Positif Corona Usai Kegiatan Pemeriksaan Siaran Pers BPK Jawa Timur. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Badan Pemeriksa Keuangan () Jawa Timur merilis pernyataan setelah empat orang pegawai Inspektorat Kabupaten dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 usai 10 hari mendampingi Staf Surabaya.

Dalam rilisnya, Jatim menerangkan bahwa Tim Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja atas Pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Tahun Anggaran 2019-2020 (Semester 1) pada Pemkab dan Instansi Terkait Lainnya di Kanigoro, memulai kegiatan pemeriksaannya pada 24 Agustus 2020.

Sebelum berangkat, seluruh anggota tim telah melakukan rapid test Covid-19 pada tanggal 14 Agustus 2020 di Sidoarjo sebagai syarat penugasan pemeriksaan dengan hasil tes seluruhnya negatif (nonreaktif). Selanjutnya, tim pemeriksa melakukan kegiatan pemeriksaan lapangan (on field) di Kanigoro.

Sesaat sebelum kembali ke Kantor Jatim di Sidoarjo, pada 1 September 2020, seluruh anggota tim melakukan tes swab Covid-19 di Kabupaten . Hasilnya, satu orang anggota terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala (asimptomatik) dan tiga orang negatif.

Sampai dengan saat ini, belum dapat ditelusuri dari mana anggota tim yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala tersebut terpapar.

Setelah hasil tes swab tersebut menyatakan terdapat satu anggota tim yang terkonfirmasi positif Covid-19, seluruh anggota tim diminta kembali ke Sidoarjo dan melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing selama minimal 14 hari untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan tes swab kembali.

Jatim berkepentingan tetap dapat menjalankan amanah undang-undang dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara pada masa pandemi Covid-19 tanpa mengabaikan keselamatan dan kesehatan pegawainya secara khusus maupun masyarakat secara umum,” tegas Kepala Perwakilan Jatim, Joko Agus Setyono, Kamis (3/9/2020).

Dia menambahkan, dalam rangka upaya penanggulangan penyebaran Covid-19, Jatim telah melaksanakan tes Covid-19 terhadap seluruh pegawainya, baik tes rapid maupun tes swab secara berkala.

"Yakni pada tanggal 4 Mei 2020, 26 Mei 2020, 28 Mei 2020, 17 dan 18 Juni 2020, 8 dan 9 Juli 2020, 15 Agustus 2020, 24 Agustus 2020, dan 27 Agustus 2020 bertempat di Kantor Jatim di Sidoarjo dengan bekerja sama dengan berbagai instansi kesehatan terkait," tukasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO