​Puluhan Komunitas Pecinta Lingkungan Kediri Survei Lokasi di Alas Simpenan

​Puluhan Komunitas Pecinta Lingkungan Kediri Survei Lokasi di Alas Simpenan Para relawan saat menyurvei lokasi di Alas Simpenan untuk menentukan pohon apa yang sekiranya cocok ditanam. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya, 70 komunitas pecinta lingkungan di Kediri Raya ikut melakukan survei lokasi perencanaan kegiatan rehabilitasi dan revitalisasi area penyangga Cagar Alam Manggis (Alas Simpenan) di Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Karena harus menerapkan protokol kesehatan, maka setiap komunitas diminta hanya diwakili 2 - 3 orang saja dan harus bawa hand saritizer serta wajib pakai masker.

Ketua Gerakan Nasional Donor Pohon, Kediri, dr. Ari Purnomo Adi, pemrakarsa acara menjelaskan bahwa kegiatan survei ini atas dasar kesepakatan antara KSDA Kediri, Cabang Dinas Kehutanan Trenggalek Wilayah Kerja Kediri, Perum Perhutani KPH Kediri,serta ikuti oleh aktivis dan relawan lingkungan hidup.

Menurut dr. Ari, seperti yang tertulis di Undang-Undang No. 23 Tahun 1997, bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Jika hutan rusak, lanjut Ari, maka sumber air juga akan menghilang. Kerusakan hutan bisa menyebabkan tanah menjadi tandus, sehingga akan sulit dipergunakan untuk menanam pohon dan tanaman lain. Tentu juga akan mengakibatkan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

"Guna mencegah kerusakan hutan dan lestarinya sumber air itulah, kami para pegiat lingkungan dari lintas komunitas berupaya membantu pemerintah ikut menyelamatkan hutan dengan cara menanam pohon penghijuan. Pohon apa yang cocok ditanam, maka kami saat ini melakukan survei ini," kata dokter yang juga aktivis lingkungan ini.

Sedangkan H. Ali, dari Cabang Dinas Kehutanan Trenggalek Wilayah Kerja Kediri mengatakan bahwa alam ini perlu perhatian bersama, khususnya terkait dengan sumber air. Sumber air kini tinggal 50 persen baik kuantitas maupun kualitasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO