​HIPKI Kabupaten Pasuruan Gelar Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga

​HIPKI Kabupaten Pasuruan Gelar Pelatihan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Agus Suyanto saat memberikan pemaparan. (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan dan Pengolahan Tanaman Obat Keluarga (Toga) bertempat di Pelataran Arjuno Prigen Pasuruan, Senin (21/9/2020).

Dalam praktik pengolahan aneka tanaman berkhasiat obat tersebut, Agus Suyanto selaku narasumber mengenalkan beberapa jenis tanaman serta menjelaskan kandungan dan khasiatnya kepada seluruh peserta pelatihan, mulai dari buah mengkudu, daun bambu kuning, daun pinus, ceri, dan beberapa jenis tanaman Toga lainnya.

Setelah satu per satu jenis tanaman dikenalkan oleh Agus Suyanto. Peserta kemudian diberikan praktik cara pengolahan dan pengemasan hasil produk olahan agar dapat disimpan dengan aman.

"Materi pelatihan tersebut sangat tepat dalam upaya ikut serta menyehatkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19," ujar Agus Suyanto yang juga sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan tersebut.

Sementara itu, Ketua HIPKI Kabupaten Pasuruan, Fatimatuz Zahro, S.E, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 25 Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

"Pelatihan itu dilaksanakan dalam rangka untuk menambah wawasan dan pengenalan kepada para pengelola LKP yang ada di Kabupaten Pasuruan agar memiliki kemampuan dalam memanfaatkan tanaman obat yang ada di sekitar halaman atau kebun untuk bisa dijadikan minuman segar yang menyehatkan dan sekaligus berkhasiat obat," ujarnya.

Selain itu, ia  juga berharap agar para pengelola LKP Kabupaten Pasuruan yang sudah mengikuti pelatihan tersebut untuk ikut berbagi pengalaman kepada masyarakat sebagai bentuk keikutsertaan dalam menyehatkan masyarakat. (afa/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO