​Pemkab Pamekasan Siap Berpartisipasi Dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2020

​Pemkab Pamekasan Siap Berpartisipasi Dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2020 Penampilan Sanggar Jhung-Rojhung dalam sebuah event. (foto: ist).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten akan ikut berpartisipasi dalam acara Yogyakarta Gamelan Festival 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-26 September 2020.

Dalam Pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2020, Kabupaten akan diwakili oleh Sanggar Jhung-Rojhung dari Desa Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten . Sanggar Jhung-Rojhung sendiri pernah mengikuti event nasional meliputi 34 provinsi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Festival yang diadakan secara virtual karena dalam keadaan pandemi Covid-19 ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi dan berinteraksi bagi para pecinta gamelan dan membantu menguatkan potensi yang sudah dimiliki dalam berbagai bentuk kegiatan.

Sadinah, S.Pd., Kasi Budaya dan Kesenian Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten memastikan pihaknya ikut berpartisipasi untuk menyukseskan Yogyakarta Gamelan Festival 2020 walaupun masih dalam situasi pandemi virus corona.

"Sanggar Jhung-Rojhung yang merupakan sanggar musik daul yang sudah mempunyai prestasi yang akan berpartisipasi dalam tersebut," jelasnya, Kamis (24/9/2020).

Sadinah menambahkan, Sanggar Jhung-Rojhung yang pernah mengikuti event nasional akan mewakili Kabupaten untuk lebih mengenalkan musik daul dari Bumi Gerbang Salam yang sudah pernah tampil juga di beberapa negara tetangga itu kepada khalayak.

"Selain itu, kita juga ikut menyukseskan gamelan ke-25 tersebut dan sudah menjadi agenda tahunan di Kota Budaya Yogyakarta," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sanggar Jhung-Rojhung, Roni mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan bantuan pemerintah Kabupaten melalui dinas pariwisata dan kebudayaan yang menunjuk Sanggar Jhung-Rojhung sebagai wakil dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2020.

"Walaupun secara virtual, kami akan menampilkan karya terbaik kami dalam event tersebut," ujarnya. (yen/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO