​Ziarah ke Makam Joko Tingkir, Cabup Yuhronur Ingin Jadikan Budaya Sebagai Ikon Lamongan

​Ziarah ke Makam Joko Tingkir, Cabup Yuhronur Ingin Jadikan Budaya Sebagai Ikon Lamongan Yuhronur Efendi saat ziarah. (foto: ist).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Calon Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berziarah ke Makam Mbah Anggungboyo atau dikenal dengan Makam Joko Tingkir.

Yuhronur Efendi yang datang berziarah bersama puluhan relawan Yesbro mengatakan, dirinya sering berziarah ke makam tersebut apabila Persela akan melakoni kompetisi di Liga Satu.

“Saya sering nyekar ke sini (berdoa) bersama Laskar Joko Tingkir, dengan tujuan minta kepada Allah untuk mendapatkan spirit atau semangat kepahlawanan Joko Tingkir, yakni spirit dalam mengalahkan lawan Persela," ujarnya, Jumat (9/10/2020).

Kata Yuhronur, dirinya merasakan jejak kejayaan dan spirit kemenangan yang luar biasa ketika berada di makam ini. "Ada yang istimewa dan rasanya ada sugesti yang masuk dalam diri saya untuk terus berjuang untuk rakyat Lamongan," terangnya.

Bahkan, CEO Persela ini juga menjanjikan bahwa apabila dirinya ke depan dipercaya oleh masyarakat Lamongan untuk menjadi bupati Lamongan, maka akan direvitalisasi dengan menjadikan makam ini sebagai ikon wisata budaya.

"Ke depan akan kita perbaiki arsitektur yang ada, sehingga peziarah nyaman untuk berziarah ke sini. Karena Joko Tingkir sangat melekat dengan Lamongan, ke depan saya ingin tempat ini menjadi ikon wisata budaya," ujar Yuhronur.

Sementara itu, Budayawan Lamongan, Supriyo yang turut mendampingi Yuhronur Efendi mengapresiasi apa yang diinginkan Yuhronur ke depan.

“Saya berharap, Yuhronur ke depan dapat mewujudkan keinginannya agar Makam Joko Tingkir ini dikenang sebagai sosok pahlawan. Bahkan juga bisa dibuatkan monumen Joko Tingkir di sini," pungkasnya. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO