​Sempat Down Akibat Covid-19, Anna Anggrainy Juara 2 UKM Berprestasi Tingkat Provinsi

​Sempat Down Akibat Covid-19, Anna Anggrainy Juara 2 UKM Berprestasi Tingkat Provinsi Anna Anggrainy, saat menerima piagam penghargaan, Jumat (10/10/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Memang sebuah tantangan tersendiri untuk memulihkan perekonomian terutama di tengah pandemi seperti ini. Namun, semua itu justru menjadi dorongan semangat bagi para pelaku usaha mikro di Kota Kediri untuk semakin meningkatkan kemampuan mereka supaya tetap bisa 'bertarung' dan bangkit secara ekonomi.

Anna Anggrainy misalnya. Dengan kemampuannya di bidang kerajinan tangan membawanya untuk membuka sebuah usaha yang kemudian diberi nama AG Handycraft. Benar saja, berkat keuletan dan kerja kerasnya, Jumat (9/10) berlokasi di Dinkop-UKM Provinsi Jawa Timur, ia berhasil mengharumkan nama Kota Kediri di tingkat provinsi dengan berhasil menyabet juara 2 dalam lomba UKM Berprestasi 2020. Tidak heran hal ini menjadi kebahagian tersendiri baginya.

"Perasaannya senang, bangga, lega karena prosesnya yang begitu lama, mengingat program ini dimulai pada bulan Februari lalu," ungkap Anna penuh rasa bahagia.

Ia mengaku awalnya ia ingin mempersembahkan kado terindah tepat di ulang tahun Kota Kediri. Namun karena kondisi perlombaan ini sempat mengalami penundaan akibat Covid-19, membuat keinginannya mempersembahkan kado kemenangan untuk ulang tahun Kota Kediri urung terwujud.

"Sempat down ketika melihat para pesaingnya. Selain itu saya juga sempat merasa parno, karena lomba dilaksanakan di Surabaya. Sedangkan pada waktu itu Covid-19 di Surabaya lagi heboh-hebohnya, berangkat tidak, berangkat tidak," imbuhnya.

Setelah berkonsultasi dengan dinas terkait, akhirnya Anna memutuskan untuk berangkat. Beruntung, semua keraguan tidak menjadikannya menyerah. Dengan dorongan semangat dari teman-teman, kerabat dan Dinkop-UMTK Kota Kediri, ia tetap berjuang dan membawa hasil yang gemilang.

Tidak hanya itu, ia juga menyempatkan untuk berkonsultasi dengan pemilik usaha Mak Plengeh, Hanik, yang pada tahun kemarin juga telah berhasil menyabet juara satu di kategori makanan. "Kemarin itu saya juga sempat berkonsultasi dengan beliau, belajar tips-tips dari beliau hingga berhasil menyabet juara," imbuh Anna.

Dalam perlombaan UKM Kreatif ini, setiap kota dan kabupaten mengirimkan perwakilan terbaiknya di setiap kategori. Pada tahun ini Kota Kediri mengirimkan perwakilan terbaiknya dalam bidang makanan, fashion, dan handycraft. Anna Anggrainy dengan produknya berupa aksesoris dari bahan tembaga serta jahitan didaulat untuk mewakili Kota Kediri.

Anna berpesan kepada semuanya, terutama bagi para pelaku UKM di Kota Kediri supaya tetap semangat. “Kesulitan itu pasti ada, tapi jangan lupa, peluang dan kesempatan itu sangat besar, kuncinya berusaha,” pungkas Anna. (uji).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO