Selasa, 18 Mei 2021 00:03

Dampingi Anak Belajar pada Pandemi Covid-19, Pakailah Metode Bermain Kreatif-Inovatif

Sabtu, 10 Oktober 2020 23:07 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Didi Rosadi
Dampingi Anak Belajar pada Pandemi Covid-19, Pakailah Metode Bermain Kreatif-Inovatif

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr. Harianto GP, D.Th, D.Ed, Ketua STT Excelcius, menegaskan bahwa orang tua dituntut bisa menyenangkan anak agar anak tidak sampai rindu ingin bertemu gurunya dan tidak mau belajar. Ia menyarankan agar menggunakan metode belajar sambil bermain yang kreatif dan inovatif.

Menurut Harianto, membuat sesi belajar di rumah terkesan susah-susah gampang. Orang tua harus mampu meningkatkan konsentrasi anak setaraf dengan di sekolah.

"Buat ruangan khusus untuk anak belajar, siapkan peralatan seperti meja, kursi, laptop, dan buku-buku dengan baik. Buat anak-anak memanggil kamu dengan sebutan Ibu atau Bapak, ciptakan jadwal yang sama, buat bel istirahat, dan selingi dengan game seru yang masih berkaitan dengan pembelajaran," kata Harianto saat menjadi narasumber webinar bertema: "Mengatasi Kesulitan Orangtua Anak Balita di Masa Pandemi Covid-19". Ia menyampaikan materi Tips Orang Tua Menghadapi Kebosanan Anak-anak Balita Belajar Daring saat Pandemi Covid 19.

Selain Harianto, juga tampil Dr. Lies Budyana, M.Si, CBA sebagai narasumber. Dalam pemaparannya Lies lebih menekankan kesiapan mental orangtua dalam menemani anak belajar di rumah.

BACA JUGA : 

Beredar Isu ​Kasus Covid-19 di Jatim Meledak, Gubernur Khofifah: Hoax

Cegah Virus India, Inggris, dan Afsel, Khofifah Isolasi 3.636 Pekerja Migran, 33 Orang Positif

Jalin Silaturahmi, Nasdem Jatim Gelar Safari Ramadan di Ponpes Roudlotun Nursalim Podokaton Pasuruan

Banyak Nyawa dan Ekonomi Terdampak Akibat Kasus Penjualan Rapid Test Bekas Karyawan Kimia Farma

Webinar ini digelar sayap politik wanita Partai NasDem, Garnita Malahayati NasDem Jawa Timur. Kegiatan itu diikuti sekitar 100 wali murid dan Bunda PAUD yang diundang oleh kader-kader Garnita yang ada di Jawa Timur.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Jawa Timur, Muzammil Syafi'i saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya. Menurut politikus yang akrab disapa Buya Muzammil itu, apa yang dilakukan Garnita dengan mengundang para pakar dan memberikan solusi dan edukasi saat pandemi Covid-19 adalah kegiatan luar biasa.

Apalagi, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung kurang lebih delapan bulan ini benar-benar menimbulkan banyak persoalan di masyarakat, bukan hanya masalah kesehatan.

"Kalau kesehatan sudah pasti itu masalah utama Covid-19 ini. Tak hanya itu, efeknya juga pada persoalan ekonomi, pendidikan yang akhirnya sekarang masih dilakukan dengan daring, maka apa yang dilakukan Garnita ini benar-benar luar biasa dan semoga bisa memberikan manfaat," ungkap Wakil Katua DPW Partai NasDem Jatim ini.

Sekretaris DPW Garnita Malahayati Jawa Timur, Lilyana Phandeirot saat menyampaikan sambutan menceritakan bahwa munculnya ide tersebut berawal dari banyaknya keluhan dari Ibu-ibu yang memiliki anak terutama usia dini yang mengalami kesulitan saat masa pandemi Covid-19, terutama dalam menemani anak belajar di rumah.

"Makanya Garnita merespons membuat diskusi dengan tema tersebut, dan ini akan kita lakukan dengan tiga seri berturut-turut," jelas perempuan yang akrab disapa Kakak Lilyana ini.

Menurut Lilyana, mendampingi anak belajar di rumah tidaklah semudah yang kita bayangkan. Apalagi buat ibu-ibu pekerja yang kesehariannya sudah berhadapan dengan beratnya tugas di kantor, ia masih harus menyempatkan waktu dengan sabar menemani anaknya belajar di rumah.

Untuk itulah, melalui webinar ini, kedua Narasumber yang pakar di dunia pendidikan akan mengupas tuntas bagaimana kita bisa mengatasi kesulitan itu. "Kita akan menjadi pendamping yang baik dan fun buat anak kita nantinya bukan pendamping yang tertekan lagi. Solusi dari kedua narasumber ini semoga bermanfaat buat bapak/ ibu sekalian," pungkasnya. (mdr)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...