​Lonjakan Angka Positif Covid-19 di Ngawi Didominasi Klaster Dinkes

​Lonjakan Angka Positif Covid-19 di Ngawi Didominasi Klaster Dinkes Data sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Ngawi per Minggu (11/10/2020).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Beberapa hari terakhir, data sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Ngawi menunjukkan kenaikan yang signifikan. Dan lonjakan angka tersebut pasca munculnya klaster Dinas Kesehatan Ngawi.

Sebelumnya, yang positif terpapar merupakan dr. Yudono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. Orang nomor satu di kantor Dinas Kesehatan tersebut terpapar Covid-19 dari salah satu pasien yang ditanganinya.

"Kepala Dinkes tertularnya dari salah satu pasien yang ditangani ternyata positif Covid-19," jelas Budi Sulistyono, Bupati Ngawi beberapa waktu lalu saat ditemui awak media.

Usai kepala dinkes dinyatakan positif Covid-19, selanjutnya Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan swab test/PCR secara massal pada seluruh karyawan. Tracing juga dilakukan kepada orang luar yang diperkirakan kontak erat dengan beberapa karyawan Dinas Kesehatan Ngawi yang telah dinyatakan positif Covid-19. 

Hasilnya, dalam rentang waktu satu hari, penambahan data Covid-19 di Kabupaten Ngawi menunjukkan kenaikan signifikan. Khusus hari ini (Minggu, 11/10) telah terjadi penambahan sekitar 24 kasus usai terjadinya klaster Dinkes.

Akibatnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeroto Ngawi mengalami overload. Untuk pasien yang dalam kategori OTG atau tidak ada penyakit penyerta dilakukan isolasi di Agro Techno Park (ATP) di Kecamatan Ngrambe. 

ATP sebelumnya memang dipersiapkan untuk menampung pasien positif Covid-19 apabila RSUD yang sebagai rumah sakit rujukan tidak muat atau melebihi batas kamar.

"Memang ada beberapa pasien yang masuk kategori OTG menjalani isolasi di ATP. Ini dilakukan karena rumah sakit mengalami overload," pungkas dr. Agus P, Direktur RSUD dr. Soeroto Ngawi. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO