​Sejumlah Benda Diduga Cagar Budaya Ditemukan di Blitar

​Sejumlah Benda Diduga Cagar Budaya Ditemukan di Blitar Salah satu benda yang diduga situs cagar budaya ditemukan di Desa/Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sejumlah benda yang diduga merupakan situs ditemukan di Desa/Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Benda-benda tersebut ditemukan di dua lokasi, di antaranya di sekitar aliran Sungai Mbesi dan sekitar pemakaman Suko.

Sekretaris Desa Gandusari, Syamsul Arifin, mengatakan total ada 19 benda yang ditemukan. Di antaranya 9 benda di aliran Sungai Mbesi dan 10 di sekitar pemakaman Suko. Dia menyebutkan, benda tersebut berupa patung Arca Ganesha, lesung, batu seperti tugu, serta batu yang masih terlihat jelas ada lukisannya.

"Sebenarnya ini sudah lama ditemukan. Namun warga setempat tidak begitu paham kalau itu benda bersejarah. Setelah kita berkonsultasi dengan pegiat Blitar, baru kemudian kita rencanakan langkah-langkah yang perlu diambil terkait temuan tersebut. Benda-benda ini ditemukan ketika warga membuat saluran air menuju areal persawahan," terang Syamsul, Jumat (16/10/2020).

Pihaknya mengatakan telah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan pegiat pelestarian Blitar dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

"Disparbudpora sudah meninjau lokasi penemuan. Beberapa hari lalu, dari pegiat pelestarian Blitar juga sudah melakukan survei," terang Syamsul.

Terpisah, Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, pihaknya telah mengecek lokasi penemuan itu. Pihaknya akan meminta bantuan tim ahli untuk meneliti benda-benda tersebut.

"Nanti kita akan melibatkan tim ahli untuk meneliti benda-benda tersebut," pungkasnya. (ina/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO