​Penghuni Shelter dan Relawan Dinas Sosial Kabupaten Blitar Terkonfirmasi Positif Covid-19

​Penghuni Shelter dan Relawan Dinas Sosial Kabupaten Blitar Terkonfirmasi Positif Covid-19 Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang penghuni Shelter Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar terkonfirmasi positif Covid-19. Dia adalah orang terlantar yang menghuni shelter tersebut.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, pada Selasa 20 Oktober 2020 lalu, Shelter Dinsos Kabupaten Blitar menerima pasien terlantar. Setelah menghuni shelter, kemudian pada Rabu 21 Oktober 2020 pagi, seorang relawan berkunjung dan kontak erat dengan pasien terlantar tersebut.

"Sore harinya pasien terlantar ini dirujuk ke RSUD Mardi Waluyo dan ternyata positif Covid-19. Kemudian karena satu relawan ini sempat kontak erat kemudian dia juga dites swab, dan pada Kamis 22 Oktober 2020 kemarin hasilnya keluar dan dinyatakan positif Covid-19," ujar Krisna, Jumat (23/10/2020).

Dengan adanya dua orang positif ini, kemudian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar melakukan tracing. Setelah di-tracing, ternyata selain penghuni shelter, di sana juga ada kegiatan pelatihan batik bagi kaum difabel, sehingga semua di-swab test.

"Jadi ada 45 orang yang dites swab. Rinciannya, 15 penghuni shelter dan 30 pegawai dinsos," ujar Krisna.

Sambil menunggu hasil tes swab, semua pegawai yang diambil swab-nya diminta isolasi mandiri di rumah. Sementara kantor dinsos di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar juga ditutup sementara.

"Ditutup tiga hari mula Rabu 21 Oktober hingga Jumat 23 Oktober 2020. Namun aktif kembali Senin pekan depan karena Sabtu dan Minggu hari libur," jelasnya.

Hingga saat ini, data kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 715 kasus. Sementara angka kesembuhan mencapai 628, dan angka kematian 51. Kabupaten Blitar hingga kini juga masih masuk dalam zona oranye penularan Covid-19. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO